http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png

Harga Laptop Layar Sentuh Tak Sampai Rp 1 Juta

Fransiska Ari Wahyu - detikinet
Kamis, 22/05/2008 13:18 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/05/22/317/xoxo285.jpg Rancangan XOXO (olpc)
Jakarta - Laptop, apalagi yang punya kemampuan layar sentuh, umumnya akan berharga mahal. Tapi laptop layar sentuh ini hanya dibanderol USD 75 atau sekitar Rp 695 ribu.

Ini adalah laptop murah besutan yayasan One Laptop Per Child (OLPC) yang hadir dengan tampilan baru. Laptop generasi kedua (XO2 atau XOXO) ini akan hadir dengan layar sentuh sebagai pengganti keyboard, demikian seperti dilansir Electricpig, dan dikutip detikINET, Kamis (22/5/2008).

Seperti diungkap Nicholas Negroponte, penggagas laptop ini, laptop tersebut akan dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada pendahulunya, yakni sekitar USD 75 (kurang lebih Rp 695 ribu).

Layar laptop tersebut didesain khusus untuk bekerja di bawah terpaan sinar matahari secara langsung. Laptop ini dapat dilipat, layaknya halaman buku.

Selain itu mesin ini diklaim lebih hemat energi, ukurannya separuh dari ukuran laptop pendahulunya, dan lebih ringan. Nantinya, laptop ini akan dipromosikan sebagai e-book reader dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 500 e-book.

Eits, tunggu dulu, jangan buru-buru mencarinya di toko-toko komputer. Rencananya laptop ini akan menyapa konsumen pada tahun 2010 dan, seperti layaknya program OLPC, hanya akan menjangkau negara-negara tertentu saja.

Apa laptop murah idaman Anda? Diskusikan di detikINET Forum
(faw/wsh)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
52%
Kontra
48%


Must Read close