http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Jawara Poker Ditantang Komputer

Ardhi Suryadhi - detikinet
Senin, 23/07/2007 17:29 WIB
http://us.images.detik.com/content/2007/07/23/398/Laak2.jpg Phil Laak (Ist.)
Jakarta - Adu kemampuan antara kecerdasan manusia dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence) kembali digelar. Kali ini, medan pertarungannya adalah permainan poker. Hal ini akan dilakukan Phil Laak yang bakal bertanding dengan Polaris, program permainan poker yang dianggap paling sulit buatan pakar artificial intelligence dari University of Alberta, Kanada Pertarungan ini akan dilakukan selama dua hari di hotel Hyatt regency di Vancouver dengan total hadiah yang akan dipertaruhkan para pemain sebesar US$ 50.000 ($1 = Rp 9083, sumber: xe.com). Dr Jonathan Schaeffer, ketua peneliti di balik Polaris mengatakan, meski program buatan mereka mampu menganalisis dengan sempurna gerakan permainan poker, namun hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk lebih difavoritkan. Meski demikian, ia menjanjikan pertarungan yang sengit bagi lawannya untuk dapat memenangkan pertandingan. "Saya tidak gugup. Semua orang pasti mengharapkan manusia yang menang," ujar Dr Schaeffer, seperti dikutip detikINET dari Guardian, Senin (23/7/2007). Tantangan poker ini sendiri diatur oleh American Association for the Advancement of Artificial Intelligence sebagai event rutin. Pemain poker profesional yang dipilih untuk menghadapi Polaris -- Phil Laak -- adalah jawara event World Poker Tour Invitational pada tahun 2004. Pertandingan pun diharapkan dapat berjalan dengan seru. Sebab, Polaris didesain untuk dapat belajar membaca strategi permainan serta mampu mengidentifikasi kelemahan lawannya. "Program ini (Polaris-red) tahu jika ada gerakan yang hanya sebuah gertakan. Di permainan poker, jika Anda tidak melakukan gertakan, Anda memainkan permainan yang buruk, dan jika Anda terlalu banyak membuat gertakan, Anda juga bermain dengan buruk," tukas Dr Schaeffer. Kira-kira siapa yang menang ya? (ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
22%
Kontra
78%


Must Read close