http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Pointrek, Aplikasi Pelacak Kapal Laut Open Source

Achmad Rouzni Noor II - detikinet
Kamis, 28/06/2007 10:52 WIB
Jakarta - PT Sisfo Indonesia berhasil mengembangkan aplikasi Vessel Tracking System untuk melacak kapal laut melalui satelit. Aplikasi yang dinamai Pointrek itu dibangun dengan software berbasis Open Source. "Kami telah memiliki 100 klien pemilik kapal dari aplikasi yang kami buat sendiri ini. Sebagai perusahaan lokal, kami bangga karena klien kami tak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga mancanegara," ujar Direktur PT Sisfo Indonesia, Nirwan Harahap, dalam peluncuran aplikasi tersebut di kafe Olive, Jakarta, Kamis (28/6/2007). Ia menjelaskan, fungsi utama dari Pointrek ialah untuk melacak keberadaan kapal laut pada waktu mengadakan perjalanan dari dan ke suatu tempat. Pelanggan, ujarnya, dapat melihat posisi, arah, dan kecepatan dari kapal yang dimilikinya pada sebuah peta yang dapat dilihat melalui komputer dengan menggunakan koneksi internet. "Tidak hanya posisi yang dapat dilihat, namun terdapat juga aplikasi alarm yang dapat memberitahukan pelanggan tentang suatu bahaya yang mungkin terjadi pada kapalnya, sehingga dapat memaksimalkan pengoperasiannya dan meminimalisasikan kerugian yang ada," tukas Nirwan. Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi tersebut juga bisa diakses oleh pelanggan yang tak memiliki akses internet dan tak paham menggunakan komputer. Sebagai alternatif, aplikasi Pointrek juga menyediakan akses pelacakan melalui metode pesan singkat (Short Message Service/SMS). "Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses layanan ini melalui jalur 3G dengan membuka fitur Google Earth dan Google Map," tandasnya. (rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
32%
Kontra
68%


Must Read close