http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Daftar Penumpang Titanic Beredar Online

Lathiefa Nur Ilma - detikinet
Senin, 16/04/2007 12:41 WIB
London - Kapal pesiar mewah fenomenal yang hingga kini masih dikenang banyak orang kembali menguak kisahnya. Daftar nama, usia dan pekerjaan dari seluruh penumpang kapal Titanic yang tenggelam itu muncul di internet untuk pertama kalinya. Seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (16/4/2007), lusinan halaman kertas memuat daftar penumpang yang bertuliskan tangan asli, termasuk kelas kabin pun ada dalam data tersebut. Kini dokumen daftar penumpang Titanic yang berjumlah 2.223 orang tersebut ditampilkan sesuai aslinya di situs findmypast.com. Hal ini dimungkinkan untuk memudahkan pelacakan alur anggota keluarga para korban meninggal. Sebelumnya, daftar penumpang ini hanya dapat dilihat di National Archives, London. Para penumpang tersebut adalah mereka yang berencana melakukan emigrasi dari kota pelabuhan Southampton di Inggris bagian selatan untuk memulai hidup baru di Amerika pada tahun 1912. Juru bicara Findmypast menyatakan, selain penumpang meninggal yang berjumlah lebih dari 1500 orang, juga disediakan daftar penumpang selamat yang turun di Perancis. Dokumen tersebut juga memuat daftar nama penumpang tambahan yang naik dari Queenstown (Cobh), Irlandia. Namun para penumpang tambahan tersebut ternyata hanya sekadar membeli tiket dan tidak ikut dalam perjalanan Titanic. Titanic yang dimiliki oleh White Star Line ini merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia pada saat itu. Malangnya hari Minggu, 14 April 1912 yang juga merupakan hari keempat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es dan tenggelam 24 jam kemudian. Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju dan orang awam meyakini kapal ini tidak mungkin tenggelam. Bangkai kapal naas tersebut baru ditemukan pada 1985. (lni/dwn)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Twitter Recommendation

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
57%
Kontra
43%


Must Read close