http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Ray Abduh, Si Pendiam Penemu Celah KlikBCA

wicak - detikinet
Senin, 24/04/2006 09:55 WIB
http://us.images.detik.com/content/2006/04/24/323/rayabduh.jpg
Jakarta - Pekan lalu, Rabu (19/04/2006), sosok bernama Ray Abduh menemukan adanya celah di situs KlikBCA.com. Celah itu memungkinkan orang lain mengakses data transaksi rekening yang bukan miliknya. Pada hari yang sama, celah tersebut segera ditutup oleh pihak BCA. Akhir pekan lalu, detikINET bersama pihak BCA pun bertemu dengan Ray Abduh. Seperti apa sosok Abduh sebenarnya? Siapa nama aslinya? Pendiam Abduh ternyata adalah seorang pria bertubuh langsing dengan tampilan konservatif. Saat ditemui ia mengenakan kemeja lengan panjang berwarna biru, celana kain, dan sepatu pantofel hitam. Tampilannya sama sekali jauh dari sosok nyentrik 'pembobol situs' dalam film-film Hollywood seperti 'Hacker', 'Fled', atau 'Swordfish'. Nama asli Abduh adalah Rofendi, seorang pekerja teknologi informasi di sebuah kantor swasta. Saat berjabat tangan dengan detikINET tangan Rosfendi terasa sangat dingin. Bisa diduga ia bekerja di ruangan yang mengutamakan 'kesehatan komputer' daripada manusia. Seperti umum diketahui, komputer akan lebih awet pada ruangan bertemperatur rendah. "Tempat saya kerja memang dingin sekali Mas. Di dalam harus pakai jaket," ujarnya. Pertemuan antara detikINET, Abduh, dan BCA dilakukan di sebuah rumah makan. Dari pihak BCA hadir Manager Electronic Banking Development Setyo Harsoyo, Assistant Manager Iwan Isdarmawan, Yoyok seorang manajer dari divisi Teknologi Informasi, serta seorang staff TI. Pertemuan berlangsung ringan dan ramah. Abduh cenderung lebih banyak diam, namun saat berbicara ia mampu menarik perhatian. Di sisi lain, pihak BCA nampak ingin tahu dan kerap mengajukan pertanyaan kepada Abduh. Rendah Hati Dengan rendah hati Abduh meminta maaf kalau apa yang diungkapnya sempat membuat repot pihak BCA. Namun pihak BCA menampik hal itu dan justru balik berterimakasih pada Abduh yang turut membantu BCA menghadirkan layanan internet banking yang aman dan bisa diandalkan. "Justru kami yang berterimakasih Mas. Bertemu dengan teman-teman dari kalangan ini (penggiat dunia maya-red) memberi banyak wawasan baru pada kami," ujar Yoyok. Pihak BCA berharap Abduh bisa terus memberitahukan jika di kemudian hari ada hal-hal terkait keamanan yang perlu dicermati. Apa yang dilakukan Abduh saat menemukan celah di KlikBCA tersebut patut dipuji (bahkan ditiru). Alih-alih menyebarluaskannya, Abduh justru menghubungi detikINET dengan niat mencapai pihak BCA. "Saya belum mengkonfirmasikan masalah ini ke pihak yang buat aplikasi, saya tidak tahu mesti ke mana," ujar Abduh ketika itu. Dalam pertemuan itu, Abduh pun mengaku tak ingin melakukan sesuatu yang sifatnya merusak. "Saya sebagai nasabah juga kan prihatin," ujarnya. Di akhir pertemuan Abduh alias Rofendi dengan pihak BCA bersalam-salaman. Nampaknya, tumbuh benih-benih persahabatan di sana. (wsh) (wicak)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
22%
Kontra
78%


Must Read close