BERITA TERBARU
Selasa, 28 Feb 2017 07:52 WIB

Laporan dari Barcelona

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?

Ardhi Suryadhi - detikInet
Foto: ash/detikcom Foto: ash/detikcom
Barcelona - Nokia sukses membetot perhatian di pesta seluler dunia Mobile World Congress (MWC) 2017 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Uniknya, mereka tak melakukannya dengan smartphone super canggih, tetapi 'menjual' nostalgia.

Ya, seperti diketahui, 'senjata nostalgia' yang dimaksud adalah Nokia 3310. Bukan pula seri Nokia 3, Nokia 5 atau Nokia 6 yang secara desain, kemampuan dan harga jauh lebih premium. Melainkan Nokia 3310 yang dulu pernah menyabet gelar ponsel sejuta umat yang kini dihidupkan kembali.

Hal ini disaksikan langsung detikINET ketika menyambangi booth Nokia di perhelatan MWC 2017 Barcelona. Booth yang berlokasi di hall 3 MWC 2017 itu terlihat sangat ramai pengunjung. Dan tentu saja yang menjadi bintang utamanya adalah Nokia 3310.


Penasaran, detikINET pun langsung ikut menerobos kerumunan pengunjung untuk ikut menjajal feature phone yang dihargai di kisaran Rp 700 ribu ini. Dan seperti inilah hasilnya.

Kesan Pertama

Simple. Ya itulah kesan pertama yang dirasakan detikINET ketika merengkuh bodi Nokia 3310. Maklum saja, dengan label feature phone, perangkat ini jauh dari hingar bingar sebuah smartphone.

Bobot yang ringan jelas terasa dari ponsel berlayar 1,5 inch ini yang langsung bisa didekap sempurna oleh tangan. Cover yang digunakan menggunakan material plastik mengkilap berkelir merah, abu-abu, kuning, putih dan biru gelap.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Menurut keterangan tim Nokia, gonta-ganti casing yang dulu sangat ngetren di ponsel lawasnya sejatinya juga bisa dilakukan di Nokia 3310 edisi 2017 ini. Namun dengan catatan, ganti casing hanya bisa dilakukan untuk cover belakang. Tak lagi sebebas dulu.

Pun demikian dari segi 'wajah', Nokia 3310 ini terbilang mirip dengan kembarannya di masa silam. Cuma ya pasti ada bagian yang dipoles sehingga sedikit tampil modern.

Bagi mereka yang sudah jengah atau dipusingkan dengan berbagai fitur di ponsel pintar, mungkin ada baiknya kembali menjajal Nokia 3310. Sebab fitur yang ada di handset ini cuma seadanya. Ya, benar-benar dibekali fitur sederhana. Mulai dari jaringan 2,5G, bluetooth, daftar kontak, OS Series 30+, sampai game.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Nah, bicara soal game, nilai jual Nokia 3310 lainnya adalah kembalinya game Snake yang ketika tahun 1999-2000 silam begitu fenomenal. Meski secara tampilan ada sedikit perubahan namun gaya main yang dihadirkan tetap sama. Dimana pemain harus memakan buah yang disediakan tanpa boleh mengenai bagian tubuh si ular.

Beranjak ke bagian kamera, Nokia 3310 juga dilengkapi dengan penangkap gambar 2 megapixel. Dari keterangan di atas kertas sudah ketahuan ya soal kemampuannya. Pokoknya jangan berharap gambar yang wah ketika tombol shutter ditekan.

Hands-on Nokia 3310: Mau Hijrah atau Sekadar Nostalgia?Foto: ash/detikcom
Namun lain halnya ketika persaingannya dialamatkan kepada daya tahan baterai. Pasalnya, dengan segala keterbatasannya yang ada, Nokia 3310 ini dijanjikan daya tahan baterai selama satu hari penuh untuk mode talktime. Sementara dalam posisi standby, bisa sampai satu bulan!

Jadi dengan segala keterbatasan yang ada, apakah Anda benar-benar mau 'hijrah' seutuhnya dari smarphone ke feature phone dengan fitur pas-pasan yang ada? Jika Anda merupakan seorang 'smartphone banget', sepertinya akan susah.

Tetapi lain hal jika Anda sudah lelah dan termasuk ke dalam kategori orang-orang ingin keluar dari gemerlap ponsel pintar. Ya, itu bisa saja. Atau juga ini bisa dikategorikan sebagai perangkat kedua hingga ditujukan khusus bagi para orang yang sudah juga tak ingin eksis di mana-mana. Oh ya, harganya dipatok 49 euro atau di kisaran Rp 700 ribu.

(ash/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Erajaya Masih Meraba Segmen Wearable

    Erajaya Masih Meraba Segmen Wearable

    Jumat, 24 Mar 2017 15:52 WIB
    Pemilik jaringan distributor ponsel terbesar di Indonesia Erajaya mengaku masih meraba-raba kebutuhan konsumen di segmen wearable gadget dan juga IoT.
  • Ketika Advan G1 Diajak Motret di Alam Bebas

    Ketika Advan G1 Diajak Motret di Alam Bebas

    Jumat, 24 Mar 2017 15:35 WIB
    Anggapan ponsel brand lokal berkualitas seadanya coba ditepis Advan pada ponsel teranyarnya, G1. Caranya, dengan menjajal kemampuan tersebut di alam bebas.
  • Teman Melinda Gates Geli Makan Rambutan

    Teman Melinda Gates Geli Makan Rambutan

    Jumat, 24 Mar 2017 14:08 WIB
    Dalam kunjungan ke Indonesia, Melinda Gates ditemani Susan Desmond Hellman CEO Bill & Melinda Gates Foundation. Dia geli saat akan memakan rambutan.
  • TiPhone Ikut Boyong iPhone 7

    TiPhone Ikut Boyong iPhone 7

    Jumat, 24 Mar 2017 13:59 WIB
    Tiphone Mobile Indonesia melalui dua anak perusahaannya, Telesindo Shop dan Megafon, ternyata ikut menawarkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.
  • iPhone 8 Diprediksi Meledak

    iPhone 8 Diprediksi 'Meledak'

    Jumat, 24 Mar 2017 13:30 WIB
    iPhone 8 kemungkinan besar diluncurkan bulan September mendatang. Meski masih jauh, penerus iPhone 7 itu diprediksi mendapat sambutan hangat.
  • Google Asisstant Menyapa OnePlus 3 dan 3T

    Google Asisstant Menyapa OnePlus 3 dan 3T

    Jumat, 24 Mar 2017 12:42 WIB
    Dalam perkembangannya, Google Assistant tak hanya untuk Google Pixel. Fitur ini kemudian merambah ke lebih banyak ponsel, antara lain OnePlus 3 dan 3T.