BERITA TERBARU
Sabtu, 26 Agu 2017 07:37 WIB

'Pangeran' Samsung Harus Lama Mendekam di Penjara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jay Y. Lee. Foto: Reuters Jay Y. Lee. Foto: Reuters
Seoul - Pengadilan Korea Selatan menjatuhkan vonis hukuman penjara 5 tahun terhadap pewaris Samsung, Jay Y. Lee. Lee yang telah ditahan sejak Februari terkait serangkaian tuduhan seperti penyuapan, penggelapan dana, dan penyembunyian aset di luar negeri pun kecewa dan mengajukan banding.

Jay Y. Lee yang berusia 49 tahun adalah putra Lee Kun hee dan cucu Lee Byung Chul. Lee Byung Chul adalah pendiri Samsung sedangkan Lee Kun hee berperan besar mengantar Samsung pada kejayaan di tingkat dunia. Jay Y. Lee pun sering disebut sebagai 'pangeran' Samsung.

Keluarga itu memiliki pengaruh sangat besar di Korea Selatan. Namun pengadilan memutuskan Lee bersalah,antara lain karena menyuap mantan presiden Korsel Park Geun Hye untuk memuluskan bisnis Samsung di sana.

Vonis 5 tahun penjara itu lebih ringan dari tuntutan jaksa yang sebesar 12 tahun. Lee sendiri dengan tegas mengaku tidak bersalah sejak proses pengadilan berlangsung.

"Saya tak pernah meminta apa-apa ke siapapun, termasuk presiden, untuk kepentingan pribadi ataupun perusahaan. Saya sangat menyesal karena saya sangat mengecewakan dan saya meminta maaf," ujar Lee dalam pernyataan pembelaannya belum lama ini dengan suara yang bergetar.

Menanggapi vonis 5 yang sudah diberikan, salah satu pengacara Jay Y Lee yakni Song Wu Cheol kembali meyakini kliennya tak bersalah. Mereka memastikan akan mengajukan banding.

"Vonis bersalah ini tidak bisa diterima," kata dia yang dikutip detikINET dari Reuters. Ia pun optimistis pengadilan yang lebih tinggi akan membebaskan Jay Y. Lee dari vonis penjara tersebut. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Hacker Rusia Dituding Usik Pilpres AS 2016

    Minggu, 24 Sep 2017 16:20 WIB
    Pemerintah Amerika Serikat seringkali menuding Rusia terkait urusan serangan cyber, dan kali ini mereka menuduh hacker Rusia telah mengusik Pilpres AS 2016.
  • Mi 7 Bakal Punya Wireless Charging

    Mi 7 Bakal Punya Wireless Charging

    Minggu, 24 Sep 2017 14:25 WIB
    Seperti tak mau kalah dengan Apple, Xiaomi sudah siap-siap untuk menggunakan teknologi wireless charging pada ponsel buatannya, kemungkinan adalah Mi 7.
  • photo Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2 FotoINET

    Menyusuri Beijing dengan Mi Mix 2

    Minggu, 24 Sep 2017 08:25 WIB
    Kamera belakang Mi Mix kualitasnya tak bisa dibilang bagus. Namun di Mi Mix 2, kualitas kameranya jauh meningkat. Seperti ini contoh jepretannya.