BERITA TERBARU
Senin, 17 Jul 2017 19:42 WIB

Ada Teroris, Kenapa Aplikasi Telegram Tak Ikut Diblokir?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan kenapa lebih memilih untuk memblokir Telegram versi website terlebih dulu ketimbang aplikasinya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika), Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan Telegram yang versi website punya kemampuan lebih daripada aplikasinya.

"Website itu punya kemampuan lebih, seperti bisa mengirim file 1,5 GB. Di situ informasi besar dikirim," ujar Semuel di Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Ada Teroris, Kenapa Aplikasi Telegram Tidak Ikut Diblokir?Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Selain itu, pria yang akrab disapa Semmy ini juga mengatakan, pemblokiran terhadap 11 Domain Name System (DNS) milik telegram ini juga sebagai tanda peringatan keras agar para penyelenggara layanan Over The Top (OTT) harus mengikuti aturan di Indonesia.



Ke-11 DNS milik Telegram meliputi t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

"Ini peringatan keras demi menjaga keamanan negara dan menegakkan kedaulatan," kata Semmy dengan nada tegas.



Meski versi aplikasinya lolos, bukan berarti Telegram bisa aman. Dikatakan mantan Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) ini, apabila Telegram masih belum mematuhi aturan di Indonesia, maka potensi pemblokiran Telegram jilid II bisa terjadi.

"Kita lihat koresponden lancar, ya mohon-mohon maaf saja," ucapnya.

Ada Teroris, Kenapa Aplikasi Telegram Tidak Ikut Diblokir?Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Saksikan video 20detik tentang Pemblokiran Telegram di sini:



(rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed