KONSULTASI CYBERLIFE
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum adalah seorang mantan jurnalis, ia pernah bekerja di beberapa media online besar di Indonesia sejak awal 2005 hingga akhir 2015. Sejak 2008, Dewi yang suka travelling ini juga aktif membantu kampanye program Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch.

Dewi dapat dihubungi via email dew.ningrum[at]gmail.com atau blogwww.dewningrum.com
Rabu, 12 Sep 2012 13:04 WIB

Klinik Cyberlife

Mencari Cinta di Situs Kencan

- detikInet
Ilustrasi (Ist) Ilustrasi (Ist)
Jakarta - Apakah etis dan normal bergerilya mencari pasangan di situs kencan? Apa plus minus dari layanan ini ?<\/em>

Jawaban :<\/em>

Etis atau tidaknya dalam mencari pasangan, pacar ataupun teman kencan di Internet, tentu ukurannya adalah tergantung pada niatnya. Jika memang tujuannya memang baik dan dilakukan dengan cara yang baik pula, tentu sah-sah saja mencari pasangan di Internet.

Dan kalau ditanyakan normal atau tidak tentu saja hal tersebut sangat normal, wajar dan masuk akal. Memang yang kemudian harus diwaspadai adalah banyaknya aksi penipuan yang menggunakan kemudahan komunikasi bermediasi komputer (dan Internet) dalam konteks Love Hunting<\/em> tersebut.

Misalnya saja ada sejumlah kasus dimana seseorang yang dijanjikan atau diiming-imingi sesuatu oleh pacar yang baru dikenalnya di Internet, dan kemudian bersedia mengirimkan uang hingga habis-habisan hingga akhirnya si pacar tersebut tiba-tiba menghilang entah kemana dan tak dapat dihubungi lagi.

Memang di Internet, kita harus skeptis. Kata kuncinya \\\'Trust No One<\/em>\\\'. Mencari pasangan melalui situs kencan (matchmaker) yang memiliki reputasi baik, memang dapat membantu meminimalisir potensi kerugian materil atapun imateril dari pihak manapun.

Meskipun demikian, kunci keselamatan dan kenyamanan diri adalah pada diri kita sendiri. Sebab tak ada yang bisa menjamin 100% bahwa profil diri yang dipasang oleh seseorang di sebuah situs kencan adalah benar-benar menggambarkan jati diri sesungguhnya. On The Internet, Nobody\\\'s Know You\\\'re Dog.<\/em>


(jsn/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed