KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Kamis, 30 Jun 2016 11:16 WIB

KlinikINET

Bagaimana Cara Menjadi Hacker?

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikInet
(ilustrasi/GettyImages) (ilustrasi/GettyImages)
Jakarta - Saya sering dan suka mengikuti artikel tentang komputer khususnya hacker. Menurut saya, yang masih awam ini, seorang hacker adalah orang yang sudah mempunyai ilmu komputer yang cukup tinggi. Bisa digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan. Saya ingin bertanya, ke mana di jakarta dan bagaimana caranya agar saya bisa belajar ilmu setinggi itu.

Jawaban [Vaksincom]:

Secara definitif, hacker adalah seseorang yang menganalisa dan mencari kelemahan dalam sistem komputer atau jaringan. Motivasinya pada awalnya adalah kesenangan, tantangan, bentuk protes atau untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ada kontroversi dimana banyak orang yang mengklaim kalau hacker adalah bentuk positif dalam aktivitas memasuki suatu sistem komputer dan hal ini memang dilakukan oleh pakar sekuriti (white hat) untuk mengevaluasi ketahanan suatu sistem.

Sebaliknya kalau dilakukan oleh kriminal (black hat) maka lebih sering disebut cracker. Namun karena tidak ada yang mengontrol aksi hacking, maka garis pemisah antara hacker dan cracker sangat tipis hanya ditentukan oleh hacker tersebut sendiri. Hal ini dapat ditemui dalam kisah nyata tentang hacker yang bisa Anda dapatkan dari rangkuman buku The Hacker diaries Confession di sini.

Dalam pengakuan ini bisa kita lihat bahwa latar belakang hacker bermacam-macam, dalam contoh ini hacker dengan nickname Skeleton Crew berasal dari seorang anak muda dari keluarga broken home yang tidak terlalu diperhatikan orangtuanya yang sangat ketat melindungi anaknya dari pergaulan bebas guna menghindari obat bius.

Namun orang tuanya membebaskan anaknya bermain di dunia cyber. Rupanya anak ini menemukan dunianya dan dengan bimbingan beberapa temannya yang juga pakar komputer ia memiliki kemampuan tinggi dan berhasil meretas jaringan komputer di sekolahnya. Umur 17 tahun ia melakukan hacking komputer banyak perusahaan untuk mendapatkan akses pada data perusahaan dan karena tidak ada bimbingan dari mentor yang baik, ketika mendapatkan tambang emas, database kartu kredit ia mengambil data tersebut dan berubah menjadi cracker.

Atau kalau mau yang lebih seru Anda bisa lihat cerita bagaimana Anonymous membocorkan rahasia Tom Cruise yang rupanya merupakan pemuja Gereja Scientology dari buku We Are Anonymous yang bisa Anda lihat rangkumannya di sini.

Kalau Anda ingin belajar hacking, ada banyak lembaga formal yang bisa Anda coba seperti CEH Certified Ethical Hacker yang merupakan sertifikasi profesional bagi seorang hacker atas kemampuannya menguji ketahanan suatu sistem terhadap aksi peretasan. Biaya Training CEH cukup tinggi, lebih dari USD 1.000. Namun jika keahlian Anda diakui, dengan sertifikasi CEH yang dimiliki pendapatan yang bisa Anda dapatkan juga cukup besar.

Bicara soal ilmu tinggi, ibarat kata pepatah, Roma tidak dibangun dalam semalam. Jadi pengetahuan dan keahlian tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat. Sertifikasi merupakan langkah yang baik dan ilmiah untuk membuktikan bahwa Anda sudah melewati keahlian minimal dalam suatu bidang. Namun jika Anda ingin menjadi yang terdepan di bidang Anda (dan bidang apapun), satu-satunya cara yang terbaik dan murah adalah dengan terus menerus belajar tanpa berhenti dan spesialisasi pada satu bidang yang diminati.

Jadi jangan hangat-hangat tahi ayam, pas lagi senang hacking belajar hacking, lalu baru 3 bulan sampai 6 bulan sudah bosan lalu belajar coding, karena bosan susah baru 2 bulan terus belajar networking. Hal ini tidak akan bisa membuat Anda menjadi ahli di satu bidang. Jika anda memang serius mendalami hacking, dalami bertahun-tahun dan fokuskan pada satu bidang yang paling Anda minati.

Kalau berhasil melakukan hal tersebut, saya jamin Anda akan memiliki keahlian yang lebih tinggi daripada yang bisa didapatkan dari kursus atau pendidikan formal. Kursus dan pendidikan formal hanya memberikan arahan dan tanpa peran aktif dari peserta kursus ia tidak akan mendapatkan keahlian yang tinggi. Salah satu contoh pakar yang spesialis adalah Jim Geovedi yang memiliki keahlian khusus dalam meretas satelit.

Salah satu trik untuk bisa memelihara minat pada satu bidang adalah temukan komunitas yang mendukung. Sebagai contoh, jika Anda suka hacking bisa coba bergabung di komunitas hacking dan berteman dengan teman-teman yang ahli di bidang itu. Salah satu komunitas yang saya ketahui adalah Jasakom yang di punggawai oleh Sto dan banyak teman-teman yang pakar di bidangnya masing-masing seperti Dani Firmansyah dan Onno W. Purbo.

Beberapa komunitas yang berhubungan dengan hacking dan bisa kamu kunjungi adalah :

www.binushacker.net
www.jasakom.com
www.echo.or.id

Namun satu pesan saya. Batas antara hacker dan cracker sangat tipis dan tidak ada orang yang mengawasi Anda pada saat belajar hacking dan banyak godaan yang akan muncul. Pilih komunitas dan teman yang benar dan hindari melakukan aktivitas yang melanggar hukum, apalagi aktivitas kriminal. Bukan keahlian hacking saja yang menentukan nilai dari seorang hacker, tetapi integritasnya! (jsn/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed