KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Senin, 04 Apr 2016 15:50 WIB

KlinikINET

Mendeteksi Virus File APK di Android

Konsultan: Alfons Tanujaya - detikInet
(ilustrasi) (ilustrasi)
Jakarta -

Apakah file apk yang ada di internet bisa disisipkan virus di dalamnya dan bagaimana cara mendeteksi virus jika memang ada di dalam file apk tersebut? (Reza Wahyudi)

[Vaksincom]:

Dear Reza,

Saya asumsikan file .apk Android Package File (apps / aplikasi) yang anda tanyakan adalah file .apk yang berada di luar Play Store. Bisa dari internet, email, USB Flash, kopi dari teman atau lainnya.

Jangankan file .apk yang ada di internet, file .apk yang ada di Play Store saja bisa dengan mudah disisipkan malware (malicious software) di dalamnya. Kalau tidak percaya, silakan lihat hasil penelusuran RiskIQ atas aplikasi yang ada di Play Store.

Persentase apps jahat di Play Store meningkat dari 2,7 % di tahun 2011 menjadi 12,7 % di tahun 2013 atau kira-kira jumlahnya mencapai lebih dari 42.000 apps jahat di tahun 2013. Adapun peringkat kategori apps yang paling banyak mengandung malware adalah :

1. Personalisation.

2. Entertainment.

3. Education/Books.

4. Media/Audio Video.

5. Sports.

Jika apps yang ada di Play Store yang notabene diawasi oleh Google saja bisa mengandung malware, bisa dibayangkan bagaimana dengan apps yang berada di luar Play Store, tentunya jauh lebih berbahaya lebih besar kemungkinannya mengandung malware.

Kabar buruknya, jika pembuat apps memiliki itikad buruk, apps yang pada awalnya tidak mengandung malware sekalipun bisa saja menjadi mengandung malware karena apps ini secara teratur mendapatkan update dan malware tersebut bisa saja dikirimkan melalui update apps. Karena itu sangat penting bagi Anda memilih penyedia apps yang terpercaya.

Jika karena satu alasan tertentu Anda harus menginstal apps dari luar Play Store dan ingin mengecek apakah apps tersebut mengandung malware atau tidak, Anda bisa menggunakan NVISIO Apk Scan yang bisa diakses disini.

Lalu, untuk mengamankan smartphone, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti :

1. Selalu melakukan pengecekan terhadap bonafiditas pembuat apps. Lihat review, cek reputasinya dan selalu cek "apps permission". Sebagai contoh, program alarm tidak perlu mengakses daftar kontak Anda. Intinya, makin banyak hak yang diminta, Anda harus makin curiga.

2. Hindari sideloading kalau tidak terpaksa. Sideloading adalah aktivitas instal .apk dari luar Play Store.

3. Disarankan anda menginstal program antivirus pada Android anda seperti G Data Antivirus Free disini. Hal ini bisa memberikan perlindungan sekuriti ekstra yang Anda perlukan secara konsisten khususnya ketika sedang lengah atau tidak sengaja mengunduh/menjalankan apps berbahaya.

(jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..