KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Rabu, 29 Jan 2014 15:06 WIB

KlinikINET

Mengusir Mobogenie di Android

- detikInet
(ilustrasi) (ilustrasi)
Jakarta - Saya menggunakan Android v 4.1.2 ingin bertanya bagaimana cara mengetahui Android sudah terinstal Mobogenie dan bagaimana cara menghilangkannya?

Jawaban [Vaksincom]:

Sebenarnya Mobogenie adalah aplikasi resmi dan bisa ditemukan di play store. Untuk mengetahui Android sudah terinstal Mobogenie pada aplikasi Anda akan ada icon apps Mobogenie. Guna mempermudah mencari sebaiknya urutkan apps berdasarkan abjad.



Pada contoh gambar 1 aplikasi Mobogenie kami berikan kotak merah.

Sebenarnya kalau pembuat aplikasi ini tidak menghalalkan cara untuk mencari keuntungan harusnya tidak ada masalah karena akan menjadi alternatif untuk Google Play.

Tetapi dari pengetesan yang dilakukan laboratorium Vaksincom, dibandingkan Google Play, Mobogenie terkadang kurang memeriksa dengan baik appsnya. Sebagai salah satu contoh jika Anda search apps dengan nama “Facebook” di Google Play maka hanya akan ditemui 1 (satu) aplikasi bernama Facebook.



Jika anda lakukan hal ini di Mobogenie maka akan mendapatkan lebih dari satu aplikasi bernama Facebook yang membedakan kedua aplikasi yang bernama “Facebook” itu hanyalah logo iconnya yang sedikit berbeda. Jelas ada aplikasi Facebook gadungan berbahaya di sini dan sangat berpotensi mencuri kredensial Facebook Anda jika digunakan.




Untuk menghilangkannya dapat diikuti cara seperti ini:

1. Masuk ke [Settings][Apps]. Cari aplikasi dengan nama Mobogenie dan klik/sentuh untuk mendapatkan pilihan perintah.



2. Pilih [Uninstal] lalu klik [Ok] untuk mengkonfirmasikan uninstal.
(jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed