KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Selasa, 28 Jan 2014 15:56 WIB

KlinikINET

Mengatasi Virus Menular dan Susah Diusir

- detikInet
Vaksincom Vaksincom
Jakarta - Bagaimana cara mengatasi virus pada komputer yang sudah sangat membandel dan bagaimana cara agar virus tersebut tidak menular ke perangkat lain seperti flashdisk? (Prasditya Nadar, Pria)

Jawaban [Vaksincom]:

Vaksincom tidak tahu definisi sangat membandel seperti apa yang Anda maksudkan. Secara standar guna mencegah malware untuk tidak menginfeksi ke perangkat lain seperti flashdisk hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan semua komputer yang digunakan untuk mencolokkan flashdisk tersebut terproteksi antivirus yang terupdate dan semua perangkat lunaknya selalu diupdate secara otomatis.

Dalam kasus malware sangat membandel dimana banyak antivirus yang tidak mampu menghadapinya, salah satu kemungkinannya adalah komputer Anda terinfeksi foistware atau PUP Potentially Unwanted Program.

Jika komputer terinfeksi foistware, kebanyakan foistware memiliki kemampuan rootkit dan terinstal sangat rumit dan dalam di registri komputer Anda. Penyebab utama yang harus Anda ketahui dalam berhadapan dengan foistware atau PUP adalah kebanyakan foistware terinstal dengan persetujuan pemilik komputer.

Mungkin Anda akan heran, mana mungkin ada orang mau menyetujui instalasi program jahat di komputernya sendiri. Penyebabnya adalah pada freeware yang Anda instal. Foistware ini akan menyelipkan dirinya dan ikut menginstalkan dirinya bersama dengan freeware yang Anda instal, salah satu sumber freeware yang banyak mengandung foistware menurut pantauan Vaksincom adalah download.com yang sekarang dihindari para penggemar freeware karena tingginya tingkat foistwarenya.

Bahkan beberapa aplikasi opensource freeware populer seperti screen recorder populer Camstudio (lihat gambar) juga mengandung foistware seperti yang diinformasikan oleh Google Chrome.

Jika hal ini yang Anda maksudkan sebagai malware yang sangat membandel cara yang harus anda lakukan untuk menghadapinya adalah mengidentifikasi foistware yang mengintervensi peramban anda lalu uninstal foistware tersebut. Namun banyak foistware yang “tidak sopan” dan terinstal sangat dalam pada komputer. Karena itu Anda memerlukan tools khusus untuk menghadapinya.

Salah satu tools favorit Vaksinis yang sering kami gunakan dalam menghadapi foistware di pelanggan kami adalah MBAM Malwarebystes Antimalware yang bisa diunduh disini (Full versi trial untuk waktu terbatas). Setelah selesai mengunduh silakan instal dan scan komputer Anda bersihkan semua malware yang terdeteksi oleh MBAM.

Sebagai catatan MBAM tidak bentrok dengan program antivirus yang Anda pakai dan disarankan digunakan bersama dengan program antivirus anda dan tidak untuk menggantikan program antivirus.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang foistware dan sepak terjangnya di Indonesia silakan lihat pada link di bawah ini:

Search Engine Hijacker, Diam-diam menginfeksi ribuan komputer di Indonesia

Remove foistware Delta-search Toolbar


(jsn/ash)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..