KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Rabu, 22 Jan 2014 15:45 WIB

KlinikINET

Memberantas Virus Shortcut yang Membandel

- detikInet
Vaksincom Vaksincom
Jakarta - Saya mau tanya flasdisk saya terkena virus shortcut seperti pada gambar. Saya sudah berusaha memformat, menghapus, dan menscan dengan antivirus tetapi setelah dihapus atau diformat shortcut itu kembali lagi dan file aslinya terhidden tetapi bisa dibuka melalui shotcut tadi? Mohon bantuan atas penyelesaian masalah saya,karena saya lagi butuh flashdisk dan laptop untuk menyelesaikan tugas2 saya.

(Muhammad rizal al hafiz, 16th)

Jawaban: [Vaksincom]

Kalau kami analisa dari cerita mas Rizal, komputer mas-nya yang terkena malware shortcut dan salah satu aksi malware dalam menyebarkan dirinya adalah menginfeksi flashdisk dengan tujuan jika flashdisk tersebut dicolokkan ke komputer lain maka malware shortcut ini bisa menginfeksi komputer lain.

Untuk mengatasi maslaah ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal antivirus yang dapat mendeteksi dan membasmi shortcut dengan baik. Dalam kasus ini Vaksincom menggunakan G Data Antivirus. Silakan instal antivirus yang anda sukai dan update dengan definisi terbaru. Untuk G Data Antivirus bisa diunduh dari link ini. Untuk cara instalasi GData dalam bahasa Indonesia bisa di dapatkan disini

Setelah komputer diinstall antivirus, pastikan antivirus sudah terupdate dengan definisi terbaru lalu scan komputer pada drive C:\ atau pada drive system windows sampai selesai dan bersihkan malware yang terdeteksi.

Untuk membuka file yang disembunyikan shortcut bisa ikuti langkah di bawah ini:

- Buka notepad.exe
- Ketikkan: attrib -s -a -r -h /s /d
- Simpan pada Drive flashdisk dengan, file name: unlock.bat. Ingat, pilih : Save as type: All Files (*.*)
- Jalankan file unlock.bat yang baru di simpan pada Drive USB
flashdisk

Mau konsultasi berbagai hal seputar komputer dan internet security? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.


(jsn/ash)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..