KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Rabu, 22 Jan 2014 15:45 WIB

KlinikINET

Memberantas Virus Shortcut yang Membandel

- detikInet
Vaksincom Vaksincom
Jakarta - Saya mau tanya flasdisk saya terkena virus shortcut seperti pada gambar. Saya sudah berusaha memformat, menghapus, dan menscan dengan antivirus tetapi setelah dihapus atau diformat shortcut itu kembali lagi dan file aslinya terhidden tetapi bisa dibuka melalui shotcut tadi? Mohon bantuan atas penyelesaian masalah saya,karena saya lagi butuh flashdisk dan laptop untuk menyelesaikan tugas2 saya.

(Muhammad rizal al hafiz, 16th)

Jawaban: [Vaksincom]

Kalau kami analisa dari cerita mas Rizal, komputer mas-nya yang terkena malware shortcut dan salah satu aksi malware dalam menyebarkan dirinya adalah menginfeksi flashdisk dengan tujuan jika flashdisk tersebut dicolokkan ke komputer lain maka malware shortcut ini bisa menginfeksi komputer lain.

Untuk mengatasi maslaah ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal antivirus yang dapat mendeteksi dan membasmi shortcut dengan baik. Dalam kasus ini Vaksincom menggunakan G Data Antivirus. Silakan instal antivirus yang anda sukai dan update dengan definisi terbaru. Untuk G Data Antivirus bisa diunduh dari link ini. Untuk cara instalasi GData dalam bahasa Indonesia bisa di dapatkan disini

Setelah komputer diinstall antivirus, pastikan antivirus sudah terupdate dengan definisi terbaru lalu scan komputer pada drive C:\ atau pada drive system windows sampai selesai dan bersihkan malware yang terdeteksi.

Untuk membuka file yang disembunyikan shortcut bisa ikuti langkah di bawah ini:

- Buka notepad.exe
- Ketikkan: attrib -s -a -r -h /s /d
- Simpan pada Drive flashdisk dengan, file name: unlock.bat. Ingat, pilih : Save as type: All Files (*.*)
- Jalankan file unlock.bat yang baru di simpan pada Drive USB
flashdisk

Mau konsultasi berbagai hal seputar komputer dan internet security? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.
(jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed