KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Kamis, 23 Feb 2017 10:30 WIB

KlinikINET

Pakai Charger dan Baterai KW Bikin Ponsel Rusak?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Apakah jika saya membeli seperti charger atau baterai kw akan membuat ponsel tidak berumur panjang alias rusak? (joko)

Jawaban:

Sebenarnya ponsel sekarang memiliki sistem keamanan, baik berupa hardware maupun software, untuk menjamin dan mengatur arus yang masuk ke ponsel agar sesuai standar. Misal jika proses charging membuat panas berlebih, akan otomatis diperlambat atau diputus, atau ketika proses charging sudah selesai, baterai tidak terus menerus diisi.

Tetapi memang tidak semua ponsel memiliki sistem keamanan yang sama baik. Ada ponsel yang ketika menerima tegangan atau arus listrik sangat berlebih tidak akan rusak, tetapi ada yang akan langsung rusak.

Banyak charger buatan pihak ketiga memiliki standar dan sistem pengamanan yang baik dan tidak akan merusak ponsel. Tetapi banyak juga charger yang dibuat asal dan mengesampingkan keamanan.

Charger yang terakhir ini memang bisa merusak ponsel, terlebih jika ponsel yang kita gunakan tidak memiliki perangkat sistem keamanan arus yang baik. Selain bisa merusak ponsel, bisa saja charger yang tidak baik ini menyebabkan ponsel terbakar, atau melelehkan chargernya sendiri.

Jadi pastikan jika akan menggunakan charger pihak ketiga, menggunakan charger buatan brand yang sudah dikenal memiliki kualitas baik, telah dicoba banyak orang dan tidak terdengar bermasalah.

Banyak yang menyarankan lebih baik memilih charger brand pihak ketiga, dibanding charger palsu yang berpura-pura sebagai charger 'asli' dari brand ponsel kita.

Untuk baterai KW sendiri lebih sulit menilai kualitasnya. Sebisa mungkin untuk smartphone gunakan baterai yang asli. Seringkali baterai asli ini disediakan dan bisa dibeli di service center resmi brand ponsel yang kita gunakan.

Baterai yang tidak baik, biasanya tidak bisa memberikan kinerja sebaik baterai asli, umurnya pendek, mudah rusak dan fisiknya mudah kembung.

Jika baterai KW yang ditawarkan berukuran sama dengan baterai asli tetapi dikatakan memiliki kapasitas berlipat, bisa dikatakan dari kapasitasnya sendiri sudah berbohong. (jsn/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed