BERITA TERBARU
KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Selasa, 16 Agu 2016 14:14 WIB

KlinikINET

Ketika File Data Corrupt

konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Adakah cara memperbaiki file yang corrupt? Saya mencoba mencari via internet katanya ada beberapa software yang mampu bahkan Google Drive pun diklaim bisa memperbaiki itu. Soalnya semakin lama semakin susah cari waktu untuk selalu terkoneksi dengan laptop, adakah solusi untuk masalah file yang corrupt? (Andrio.eric)

Jawaban:

Saya asumsikan dengan sulitnya mencari waktu untuk terkoneksi dengan laptop, anda berharap bisa membereskan file-file corrupt di smartphone.
File corrupt di smartphone, biasanya terjadi pada eksternal memory atau SD card. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti penulisan data yang tidak sempurna, rusaknya memory card, atau bahkan terkena malware yang seringkali dimaksudkan untuk PC.

Malware pada PC yang biasanya spesifik menyerang isi hardisk, memungkinkan eksternal memory smartphone yang sering dicabut pasang untuk memindahkan data ke atau dari PC juga terkena imbasnya, sehingga sering kali file didalamnya diubah atau disembunyikan dalam banyak layer folder dan dibuat read only.

Walau tidak selengkap aplikasi pada PC untuk memperbaiki file-file yang corrupt atau hilang, beberapa aplikasi di Play Store Android dapat dicoba. Misalnya menggunakan aplikasi media re-scan yang bisa diunduh di Play Store.

Beberapa aplikasi lain mengkhususkan diri untuk memperbaik file-file corrupt yang lebih spesifik, misalnya file lagu atau video.

Untuk mencegah file yang sering corrupt, ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya menggunakan memory card yang berkualitas. Jika akan melepas memory card, pastikan kita tidak melepasnya secara langsung, tetapi melakukan eject dulu pada menu setting/storage.

Jika sering memindahkan file smartphone dari dan ke PC, sebaiknya PC sudah dipastikan bebas malware. Untuk file-file yang dianggap penting, rajin-rajin membuat backup, tidak perlu ke PC, bisa dilakukan dengan menempatkannya di cloud, misalnya di Google Drive atau Dropbox. Backup file ini bisa diset secara otomatis tanpa perlu melakukannya berulang-ulang secara manual. (jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed