KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Selasa, 10 Jan 2017 15:39 WIB

KlinikINET

Bagus Mana, Nikon vs Canon di Outdoor dan Indoor?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Mau tanya, ini sebenarnya buat keseluruhan Canon sama Nikon, sih. Berdasarkan info yang saya terima, Nikon bagusnya buat outdoor, terus Canon di indoor, khususnya untuk portrait (foto manusia/model). Apa benar? (Albert Setiadi)

Jawaban:

Pertanyaan seperti ini memang sering diperbincangkan di kalangan pehobi dan fotografer profesional. Menurut saya, kedua merek kamera memiliki jenis kamera dan lensa yang andal untuk berbagai jenis fotografi, baik outdoor maupun indoor. Tapi saya mengerti mengapa orang-orang bisa mengatakan demikian.

Dari pengalaman saya, hasil foto dari kamera merek Canon memiliki kecenderungan yang agak sedikit lembut, sehingga tekstur tidak terlalu jelas, sehingga cocok untuk membuat kulit wajah yang halus. Terlebih lagi warna yang dihasilkan di setting default (pabrik) agak cenderung lebih hangat (kekuningan) sehingga warna kulit terlihat lebih menarik.

Sedangkan hasil kamera Nikon biasanya lebih detail dan tajam, sampai ke tingkat tekstur, sehingga kalau digunakan untuk foto pemandangan, teksturnya lebih terlihat jelas, tapi untuk foto portrait tekstur wajah yang terlalu jelas membuat tampilan wajah kurang menarik, kecuali model dengan kulit dan tata rias yang sempurna.

Dalam dua tahun terakhir ini, kamera dari kedua merk tersebut makin berkembang baik kualitas maupun pilihannya. Jadi saran saya, tidak perlu mendasarkan jenis fotografi dengan merek kamera yang dipilih. Tapi pelajari lebih dalam tipe kamera dan lensa yang cocok untuk berbagai jenis fotografi tersebut. (jsn/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed