KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 01 Sep 2016 14:32 WIB

KlinikINET

Cahaya Flash atau Matahari?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Untuk foto model, sebaiknya menggunakan flash atau cahaya alami matahari? (Irfan Hafidz)

Jawaban:

Pertanyaan ini sering saya dapatkan, dan jawabannya tergantung hasil foto yang diinginkan. Kedua jenis cahaya dapat membuat hasil foto dengan pencahayaan yang baik. Yang penting adalah Anda dapat menggunakan cahaya dengan baik.

Cahaya alami memiliki keuntungan yaitu praktis, tidak perlu flash sehingga fotografer dapat menghemat, selain itu juga tidak perlu repot mempelajari teknik flash. Tapi masalah dengan cahaya alami/matahari adalah sulit mengendalikannya. Kondisi cuaca, sulit diprediksi. Sedangkan jika kita menggunakan flash, kita bisa mengatur arah, sifat cahaya dengan lebih mudah.

Flash akan sangat membantu sekali dalam kondisi backlight (cahaya di belakang subjek foto). Contohnya seperti foto dibawah ini. Foto sebelah kiri memakai flash, sehingga model terang dan warna kulit dan baju terekam dengan baik, sedangkan Foto sebelah kanan, latar belakangnya terlalu terang dan warna kulit dan baju model jadi tidak jelas. Maka itu saran saya pelajarilah keduanya, menggunakan cahaya alami dan flash.

(jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed