KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 25 Agu 2016 14:23 WIB

KlinikINET

Kok Hasil Jepretan Tak Sepenuhnya Terbaca di Memori?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Saya memiliki kesulitan membaca kartu memori dari hasil jepretan Nikon D300, di mana kapasitas memori 8 GB Total file jepretan 6,3 GB. Anehnya foto yang bisa dibaca sebesar 2,19 GB. Sedangkan sisanya tidak terbaca baik di kamera, card reader komputer ataupun kabel data mode p2p tetap tidak terbaca. Lalu settingan komputer 'hidden' sudah dimunculkan dan juga mencoba dibuka di komputer linux namun hasilnya tetap nihil. Di kartu memori Nikon ada file NIKON001.DSC dengan ukuran 512 KB. Mohon bantuan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. terimakasih. (Joko Supriyanto)

Jawaban:

Kemungkinan besar kartu memori Anda sudah rusak atau ada bad sectornya. Coba dulu scan disk di Windows dan aktifkan "attempt recovery bad sector" siapa tahu bisa.

Boleh juga mencoba aplikasi untuk menyelamatkan data di memory card yang lebih bagus, seperti kalau memory cardnya Sandisk, ada software khusus Sandisk Rescue Pro. Atau jika memory cardnya bukan merk Sandisk, mungkin bisa mencari software lainnya seperti Recuva. (jsn/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed