KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 25 Agu 2016 14:23 WIB

KlinikINET

Kok Hasil Jepretan Tak Sepenuhnya Terbaca di Memori?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Saya memiliki kesulitan membaca kartu memori dari hasil jepretan Nikon D300, di mana kapasitas memori 8 GB Total file jepretan 6,3 GB. Anehnya foto yang bisa dibaca sebesar 2,19 GB. Sedangkan sisanya tidak terbaca baik di kamera, card reader komputer ataupun kabel data mode p2p tetap tidak terbaca. Lalu settingan komputer 'hidden' sudah dimunculkan dan juga mencoba dibuka di komputer linux namun hasilnya tetap nihil. Di kartu memori Nikon ada file NIKON001.DSC dengan ukuran 512 KB. Mohon bantuan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. terimakasih. (Joko Supriyanto)

Jawaban:

Kemungkinan besar kartu memori Anda sudah rusak atau ada bad sectornya. Coba dulu scan disk di Windows dan aktifkan "attempt recovery bad sector" siapa tahu bisa.

Boleh juga mencoba aplikasi untuk menyelamatkan data di memory card yang lebih bagus, seperti kalau memory cardnya Sandisk, ada software khusus Sandisk Rescue Pro. Atau jika memory cardnya bukan merk Sandisk, mungkin bisa mencari software lainnya seperti Recuva. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..