KONSULTASI CYBERLIFE
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum
Dewi Widya Ningrum adalah seorang mantan jurnalis, ia pernah bekerja di beberapa media online besar di Indonesia sejak awal 2005 hingga akhir 2015. Sejak 2008, Dewi yang suka travelling ini juga aktif membantu kampanye program Internet Sehat yang digagas oleh ICT Watch.

Dewi dapat dihubungi via email dew.ningrum[at]gmail.com atau blogwww.dewningrum.com
Senin, 26 Sep 2016 13:28 WIB

KlinikINET

Umbar Nomor HP WhatsApp ke Facebook, Bahayakah?

Konsultan: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Saya dapat notifikasi dari WhatsApp, isinya tentang WhatsApp akan membagikan data nomor HP saya kepada Facebook. Saya nggak ngeh dan langsung klik setuju aja. Bahaya nggak ya?

Jawaban:

Kalau ditanya bahaya atau tidak, ini tergantung dari Anda sendiri. Apakah Anda merasa privasi bakal terganggu? Apakah Anda tidak masalah jika nomor telepon Anda dibagikan oleh WhatsApp ke Facebook? Kita tidak pernah tahu data tersebut akan digunakan untuk apa bukan?

Ini hampir sama seperti memajang data nomor telepon Anda di layanan media sosial. Apakah Anda tidak keberatan jika suatu saat Anda menjadi target iklan, atau dimanfaatkan pihak lain untuk kepentingan yang akan merugikan Anda sendiri, dan sebagainya.

Perlu diketahui, WhatsApp memang telah melakukan perubahan kebijakan "Terms of Service and Privacy Policy" dengan memutuskan untuk memberikan nomor telepon pengguna WhatsApp dan beberapa informasi terkait penggunaannya kepada Facebook.

Tujuannya adalah untuk memperkuat bisnis iklan digital Facebook. Meski WhatsApp berjanji tidak akan menjual data tersebut ataupun memberikannya ke para pengiklan, namun kita tidak bisa menjaminnya.

Pasca diakuisisi oleh Facebook dua tahun yang lalu dengan nilai fantastis, USD 19 miliar, WhatsApp berjanji tidak akan memanfaatkan data pengguna. Di lain sisi Facebook juga berjanji tidak akan memasang iklan pada WhatApp. Tapi ingat, tidak ada makan siang yang gratis.

Menurut keterangan yang dilansir Forbes, Facebook membutuhkan banyak metadata untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang penggunanya seperti mengetahui seberapa sering orang menggunakan layanannya, konten apa yang disukai dan sebagainya.

Dengan menghubungkan nomor telepon WhatsApp Anda ke Facebook, Facebook nantinya akan dapat menawarkan saran pertemanan dengan lebih baik dan menampilkan iklan yang lebih relevan jika Anda memiliki akun Facebook.

Jika Anda terlanjur mengklik opsi setuju untuk membagikan informasi nomor telepon Anda kepada Facebook pada saat mendapat notifikasi, jangan khawatir. WhatsApp memberikan opsi jika pengguna tidak mengijinkan data pribadinya dipakai Facebook. Pengguna diberikan waktu 30 hari untuk mengubah pilihan mereka terhitung sejak menyetujui notifikasi awal yang diberikan.

Jika Anda tidak ingin data Anda dibagikan kepada Facebook, untuk mengubahnya caranya ke menu Settings pada WhatsApp lalu pilih Account. Pada bagian "Share my account info", matikan tanda centangnya.

Semoga membantu. (jsn/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed