http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Speedy Blokir 7 Situs, Pengusaha Kecil Mulai Menjerit!

Dewi Widya Ningrum - detikinet
Selasa, 08/04/2008 11:25 WIB
Jakarta - Akhirnya Speedy memblokir Film Fitna. Informasi pemblokiran tersebut disampaikannya melalui situs portalnya yang beralamat di telkomspeedy.com. Dalam informasi tersebut, setidaknya ada 7 situs yang diblok oleh Speedy.

Ketujuh situs tersebut adalah Youtube, MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak dan Themoviefitna.com

"Situs-situs dan blog tersebut tidak akan bisa diakses hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," demikian isi informasi tersebut.


Menjerit

Pemblokiran akses Speedy, salah satunya ke Multiply tersebut, mengakibatkan sejumlah pengusaha rumah tangga dan industri mikro menjerit. "Bangkrut deh aku," ujar Budi Dhima, seorang ibu rumah tangga kepada detikINET, Selasa (8/4/2008).

Intan adalah salah satu dari ratusan ibu rumah tangga di bilangan Bekasi yang menjalankan bisnis rumahan atau mikro melalui Internet, dengan bermodalkan akses Internet Speedy dan situs Multiply.

"Aku pakai multiply untuk menawarkan daganganku, seperti baju dan jilbab muslimah," ujarnya. "Kalau gini caranya (diblokir), aku bisa bangkrut. Pelangganku kan kumpulnya di multiply," tambahnya dengan memelas.

Budi, sebagaimana keluarga muda pada umumnya, membantu suaminya dalam hal keuangan keluarga, dengan berdagang kecil-kecilan dengan pemasukan sekitar Rp 2 juta per bulan. "Keuntungannya paling hanya pas untuk menambah biaya sekolah TK putri sulungnya dan membeli susu untuk anak balitanya," tambahnya.

Menurut Budi, setidaknya sekitar seribuan member yang tergabung dalam indonesiaonlineshop.multiply.com. "Sekitar 50%-60%-nya menggunakan Speedy," tandasnya dengan nada datar.

Senada dengan Budi, Ifran seorang peneliti yang berdomisili di Depok juga mengalami nasib yang sama lantaran menggunakan Speedy. "Duh, padahal saya pake situs-situs yang diblok tersebut untuk keperluan riset, khususnya yang terkait dengan foto-foto teknologi. Adik saya malah perlu untuk ngumpulin resep masakan," ujarnya.

Anda punya solusi atau pendapat atas masalah di atas? Sampaikan melalui thread khusus di detikINET Forum


(dbu/dbu)


Baca Juga
Foto Video Terkait



Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Indonesia Darurat 4G?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Ya, inilah kira-kira urgensi yang akhirnya membuat layanan 4G LTE dikomersialisasi di Indonesia. Di sisi lain, layanan 3G dianggap masih belum optimal penyebarannya, termasuk 2G yang masih banyak penggunanya.
Pro
0%
Kontra
0%


Must Read close