http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Updated

YouTube Terblokir karena 'Ulah' Satu ISP

Dewi Widya Ningrum - detikinet
Sabtu, 05/04/2008 13:57 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/04/05/399/sylsumarlin150.jpg Sylvia Sumarlin (inet)
Jakarta - Sebagian besar pengguna internet di Indonesia dilaporkan sempat tidak bisa mengakses situs berbagi video YouTube dan sejumlah situs lain. Rupanya, hal ini gara-gara 'ulah' salah satu Internet Service Provider (ISP).

Menurut informasi yang diterima detikINET dari salah satu sumber yang tak ingin disebutkan namanya, situs YouTube tidak bisa diakses karena ada salah satu ISP yang 'berulah'. Salah satu ISP yang juga anggota APJII rupanya tengah melakukan uji coba pemblokiran YouTube di ISP miliknya.

Namun, terjadi kesalahan broadcast secara tidak sengaja yang mengakibatkan sebagian besar pengguna internet di Indonesia tak bisa mengakses YouTube dan trafik internet juga terganggu.

Ketika detikINET mengkonfirmasikan hal ini ke APJII, Ketua APJII Sylvia Sumarlin membenarkan hal itu. "Ya, memang benar terjadi kesalahan. Salah satu anggota kita tadinya mau memblokir YouTube di ISP dia, tapi salah broadcast sehingga terjadi konflik dan hubungan antara Open IXP dan IIX juga terganggu. Akibatnya trafik internet lain juga terganggu, misal ada yang tidak bisa buka situs lain," papar Sylvia yang dihubungi detikINET via telepon, Sabtu (5/4/2008).

Sampai saat ini, sepengetahuan Sylvia, masih terjadi gangguan trafik internet. Sylvia juga keberatan menyebutkan nama ISP yang melakukan kesalahan tersebut.

APJII sendiri juga sudah melakukan pemblokiran YouTube melalui IIX, namun diklaim bukan berarti akses YouTube di tanah air sudah terblokir sepenuhnya karena ada jalur lain (ISP punya redundant-red).


Anda punya pengalaman terkait pemblokiran situs YouTube ini? Setujukah Anda dengan tunduknya sejumlah ISP dengan permintaan pemerintah? Sampaikan segera melalui detikINET Forum di thread khusus.
(dwn/dwn)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
61%
Kontra
39%


Must Read close