http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Menkominfo 'Ultimatum' ISP Blokir YouTube

Wicaksono Hidayat - detikinet
Jumat, 04/04/2008 14:48 WIB
http://us.images.detik.com/content/2008/04/04/399/mnuh150.jpg M. Nuh (wsh/inet)
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mohammad Nuh telah mengirimkan surat resmi kepada APJII dan segenap pengelola ISP untuk memblokir akses ke YouTube. Salinan surat itu diterima detikINET pada Jumat (4/4/2008).

Total ada dua surat yang ditandatangani Menkominfo. Satu surat untuk Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan satu lagi untuk pengelola Internet Service Provider (ISP) dan Network Access Provider (NAP).

Surat tersebut meminta segenap anggota APJII (ISP dan NAP) serta pengelola Indonesia Internet Exchange (IIX) untuk memblokir situs dan blog yang menyebarkan film Fitna. "Bersama, dengan segenap daya dan upaya, untuk melakukan pemblokiran pada situs maupun blog yang melakukan posting film Fitna tersebut," sebut surat itu.

Meskipun nama YouTube tidak secara tegas dituliskan di situ, bisa diduga YouTube merupakan salah satu situs yang menjadi target pemblokiran. Menkominfo juga tidak merinci waktu blokir.

Alasan yang diajukan Nuh adalah potensi film Fitna menimbulkan gangguan hubungan antar umat beragama dan harmoni antar peradaban tingkat global. Surat itu dikirimkan pada 146 ISP dan 30 NAP di Indonesia.

Apa pendapat Anda? Diskusikan di detikINET Forum (wsh/wsh)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
77%
Kontra
23%


Must Read close