Kamis, 14 Sep 2017 09:38 WIB

Thailand Juga Minta Game 'Duel Nabi vs Tuhan' Dimatikan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Screenshot Fight of Gods Foto: Screenshot Fight of Gods
Jakarta - Video game Fight of Gods yang bisa dimainkan di platform Steam menimbulkan kontroversi besar. Selain Malaysia dan Indonesia meminta game itu diblokir, otoritas Thailand diketahui juga mengajukan permintaan serupa.

Game baku hantam yang menyuguhkan ragam karakter dengan wujud dewa, nabi, dan Tuhan dari suatu agama ini dibesut oleh publisher game asal Inggris bernama PQube. Dikutip detikINET dari PCGames, PQube membenarkan kalau mereka telah dihubungi otoritas Thailand.

Secara formal, otoritas Thailand meminta Fight of Gods dihentikan penjualannya di Thailand. Dan PQube menyetujui permintaan tersebut.

"Setelah berbagai pertimbangan dan konsultasi, kami mulai memproses untuk menghentikan penjualan Fight of Gods di Thailand," kata mereka.

Thailand adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Sehingga tak heran kalau mereka meminta game yang meresahkan itu dicekal karena tidak pantas simbol agama jadi permainan.

Sebelumnya gara-gara tayangan game tersebut, pemerintah Malaysia sempat memblokir akses internet di negaranya ke Steam. Namun, pihak Steam akhirnya meminta maaf dan menghapus game Fight of Gods dari platform-nya agar pemerintah Malaysia mau membukakan kembali akses yang sempat diblokir itu.


Sedangkan di Indonesia, menurut penuturan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Steam agar memblokir game tersebut dari wilayah Indonesia.

"Iya, kami sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami, dalam waktu 2 x 24 jam mereka harus melaksanakan. Kalau tidak kami akan memblokir distributor channel," ujar Semuel kepada detikINET, Kamis (14/9/2017). (fyk/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed