Selasa, 21 Mar 2017 07:31 WIB

Anak SD 10 Tahun Bikin Game Gratis Belajar Matematika

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Game mobile dengan tema edukasi terus bermunculan di toko aplikasi, semisal di Google Play Store untuk Android maupun Apple AppStore untuk iOS. Salah satunya game gratis bertajuk Quiz Matematika berikut.

Sesuai judulnya, game ini akan mendikte kemampuan Anda dalam berhitung. Menurut keterangan yang diterima, Selasa (21/3/2017), game ini dikembangkan oleh seorang anak berusia 10 tahun yang bernama Muhammad Hafizh Bayhaqi.

Penasaran dengan game ini, detikINET pun mencoba untuk mengunduhnya di Play Store. Tak butuh lama untuk download, karena memang ukuran file-nya sangat kecil. Jadi, Anda tak perlu takut kuota akan terbuang sia-sia.

Saat dijajal, Quiz Matematika ini memang menghadirkan soal hitung-hitungan. Hanya saja, soal yang disodorkan adalah soal hitung-hitungan dasar, seperti penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.

Anak SD 10 Tahun Bikin Game Gratis Belajar MatematikaFoto: screenshot detikINET


Tampilan antar muka game dibuat sangat sederhana, sehingga mudah dipakai untuk anak-anak SD sekalipun. Ada tiga tingkat kesulitan yang diberikan, yakni mulai dari mudah, sedang, dan jenius.

Bila Anda memilih tingkat kesulitan mudah, maka soal yang diberikan seputar 3 x 7, 45 dibagi 7, dan sebagainya. Sedangkan tingkat kesulitan sedang dan jenius akan menghadirkan soal dengan angka yang lebih rumit dari tingkat kesulitan mudah.

Anak SD 10 Tahun Bikin Game Gratis Belajar MatematikaFoto: screenshot detikINET


Tak sekadar berhitung biasa, Anda juga akan dipacu oleh waktu. Semisal jawaban Anda salah, maka waktu akan berkurang. Jadi, Anda dituntut untuk menjawab sebanyak mungkin sampai batas waktu yang diberikan habis.

Sembari menjawab soal, Anda juga akan disuguhkan dengan alunan lagu anak-anak berjudul Pergi Belajar.

Secara keseluruhan game ini mengajarkan anak-anak untuk pandai berhitung dengan cara yang lebih rileks. Tidak ada iklan dalam game ini, jadi bisa dibilang aman bagi anak-anak. (mag/rou)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed