Selasa, 07 Mar 2017 09:54 WIB

Keseringan Main Game? Hati-hati Terserang Efek 'Aneh'

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Fungsi utama dari bermain game adalah sebagai relaksasi dan hiburan belaka. Hanya saja, bila terlalu lama bermain game, maka akan muncul efek-efek yang membekas, walau Anda sudah tak lagi memainkannya.

Efek yang ditimbulkan berbeda-beda, tergantung dari game yang dimainkan. Seperti misalnya dahulu kala ada efek yang tren di kalangan gamer DDR (Dance Dance Revolution).

Menurut sebagian kalangan gamer, bermain terlalu lama DDR menimbulkan efek, di mana penglihatan mereka akan dipenuhi oleh semacam anak panah yang berseliweran. Percaya tak percaya, efek ini juga ditimbulkan oleh game Tetris.

Tak cuma DDR dan Tetris, sejumlah game rupanya memiliki efek-efek yang berbeda. Penasaran dengan efek-efek itu, sebuah organisasi surveyor asal Jepang, MyNavi mengumpulkan 400 gamer dan melakukan survei tentang efek yang ditimbulkan dari tiap game yang dimainkannya.

Dari hasil penelitian ada delapan efek yang dapat ditimbulkan karena main game. Berikut rinciannya seperti dikutip detikINET dari Rocket News 24, Selasa (7/3/2017).

Alunan Musik Tanpa Henti

Efek pertama adalah alunan musik dari game yang dimainkan. "Musik dari game membekas di dalam kepalaku. Walaupun aku sudah berhenti memainkannya, aku tidak bisa mengusir latar musik itu dari pikiran," ujar salah satu gamer.

Efek musik ini bisa dibilang sangat sering terjadi. Hal ini karena musik adalah suatu hal yang mudah ditangkap, tidak peduli apapun medianya. Ketika mendengar alunan musik yang sama terus menerus, seperti musik khas Mario Bros, memangbukan tidak mungkin jika musik akan terngiang-ngiang di kepala Anda.

Merasa Punya Stamina Tanpa Batas

Efek yang kedua adalah karakteristik yang membekas, semisal stamina. "Aku ingin terus berlari. Aku merasa aku masih punya stamina tanpa batas dari karakterku di dalam game," ujar salah satu responden.

Beberapa game ada yang memungkinkan karakternya untuk terus bergerak. Mengasyikkannya, karakter itu memang dapat bebas berlari, tidak seperti manusia yang punya keterbatasan nafas.

Hajar Semuanya!

Efek yang satu ini mungkin agak menyeramkan. Terlalu lama bermain game fighting membuat gamer ingin beraksi brutal seperti di dalam game. "Ketika ada orang-orang yang berkerumun, aku mulai berpikir untuk melawan mereka. Aku merasa harus menjatuhkan mereka," tutur salah seorang wanita.

Perasaan ini muncul kebanyakan setelah bermain game hack-and-slash, di mana Anda harus menjatuhkan atau menghajar musuh dalam jumlah yang besar seperti yang ditawarkan di dalam game Dynasty Warriors.

Berkendara Merasa seperti Balapan

Selanjutnya ada efek yang ditimbulkan akibat bermain game balapan. "Aku merasa seperti bermain Mario Kart. Ketika aku mengemudi, aku mulai khawatir pengendara di depanku akan melemparkan banana peel," ucap seorang gamer.

Bisa Melompat Tinggi

Superhero dalam game memiliki kekuatan yang maha dasyat. Salah satunya adalah kekuatan melompat sangat tinggi, seperti di film Hancock. "Aku merasakan aku bisa lompat dari atap gedung ke gedung lain sebagaimana aku mengawasi mereka dari dalam mobil," ujar gamer.

Efek ini mungkin sangat berbahaya. Di mana gamer disinyalir akan melakukan hal tersebut yang pada ujungnya bisa berbahaya bagi keselatannya.

Berkelahi Selalu Dijadikan Solusi

Efek yang satu ini mungkin beda-beda tipis dengan efek Dynasty Warriors. "Aku mulai berpikir orang-orang yang tidak aku suka seperti karakter musuh dan aku berharap bisa menghajarnya," papar seorang pria.

Namun, adapula pengakuan yang menurut kami sangat lucu. "Ketika aku mencapai anak tangga di bawah, aku merasa seorang musuh telah menantiku. Aku tidak bisa mengabaikan perasaan ini dan bersiap untuk bertempur," ujarnya.

'Uang' Berlimpah

Uang adalah hal yang sangat sulit dicari di dunia nyata. Tapi, kebalikannya, di dunia game uang gampang didapat. "Setelah bermain game terlalu lama, aku pergi keluar rumah dan merasa masih punya banyak uang," tutur gamer. "Aku merasa aku bisa mendapatkan uang seperti di dalam game," tambahnya.

Ya, apa yang dilakukan di dalam game untuk mendapatkan uang memang mudah. Seperti contoh, Anda bisa menjual hasil drop-an musuh kepada NPC dan mendapatkan emas atau uang.

Binatang mirip Pokemon

Efek yang satu ini mungkin sudah terasa sejak lama, namun kembali hype di era Pokemon Go. "Binatang mulai terlihat seperti Pokemon, mengingat banyak dari mereka yang diciptakan berdasarkan binatang nyata," papar gamer.

(mag/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed