Jumat, 17 Feb 2017 16:49 WIB

Wawancara Eksklusif

Guerilla Games Buka-bukaan Soal Horizon Zero Dawn

Aditya Fajar Indrawan - detikInet
Foto: detikINET/Aditya Fajar Indrawan Foto: detikINET/Aditya Fajar Indrawan
Jakarta - Ketika resmi dipamerkan pertama kali di ajang E3 2015 lalu, Horizon Zero Dawn sukses menyita perhatian gamer di berbagai penjuru dunia. Game ini seolah menyimpan unsur misteri dan puzzle yang dijanjikan memuaskan hasrat pemainnya.

Menjadi salah satu dari sekian banyak gamer yang penasaran, detikINET merasa beruntung karena telah diundang secara eksklusif oleh Sony dan Guerilla Games, developer di balik Horizon Zero Dawn.

Setelah sempat melihat dan menjajal beberapa chapter-nya secara langsung, detikINET pun semakin penasaran akan cerita di balik kehidupan post-apocalypse yang ditawarkan dalam game. Asyiknya, detikINET kemudian berkesempatan mewawancarai langsung salah satu orang di balik layar game ini, yakni Lead Concept Artist dari Guerrilla Games Roland Ijzermans.

R = Roland Ijzermans
D = detikINET


D: Game ini punya sensasi berbeda dan itu mengagumkan, bagaimana menggabungkan binatang robotik dengan kehidupan jaman primitif dengan sedikit sisa-sisa peradaban modern?

R: Ya, itu salah satu ide orisinil kami di mana orang-orang sekarang memiliki teknologi dan juga alam. Lalu kami berpikir bagaimana kalau itu semua disatukan di mana alam dan teknologi menjadi satu. Jadi kami ingin umat manusia di HZD untuk melihat dunia di mana mesin dan alam menjadi satu. Bahkan, ketika kami masih menyimpan draft Killzone, Aloy malah membawa senapan mesin dan bukan busur atau panah. Saya rasa itu, tentu tidak akan cocok dengan lingkungan zamanya, jadi kami hilangkan senjata itu dan mengembalikannya ke yang lebih primitif lagi.

R: Saya kira kenapa ide ini menarik adalah, kita ingin membalikkan semua kondisi jaman. Di mana manusia menjadi lebih primitif layaknya di zaman purba, namun mahluk hidup yang ada berkembang cepat dengan teknologi dari sisa-sisa peradaban dan tentunya ini akan menjadi suatu misteri yang belum dipahami oleh manusia di HZD.

Guerilla Games Buka-bukaan Soal Horizon Zero Dawn


D: Graphic dan pemandangan alam serta binatang-binatang robot raksasanya sangat mengagumkan?

R: Ya terimakasih, memang itu salah satu hal yang ingin kami tampilkan. Di mana kalau saat Killzone suasana yang dihadirkan itu gelap dan mencekam, maka di game ini kami ingin menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan sehingga pemain akan terpuaskan dan terus mengeksplorasi misteri yang ada, seperti bagaimana manusia bisa musnah, kemudian robot-robot raksasa dan masih banyak lagi.

D: Apakah nanti akan menyiapkan DLC?

R: Sayangnya untuk sementara belum kita pikirkan, karena masih baru saja diumumkan, tapi mungkin kedepannya akan ada.

D: Apakah nanti akan ada kejutan yang disiapkan dari Guerrilla dalam game Horizon Zero Dawn ini?

R: Tentu, karena selain berburu robot-robot dan menciptakan sesuatu layaknya zaman purba. Kita menyiapkan beberapa misteri yang akan menguras rasa penasara pemain. Sedikit bocoran kalian akan bisa menunggangi salah satu robot hewan dan menggunakan senjata yang ada selayaknya senapan mesin, tapi itu harus kalian temukan sendiri caranya. Karena dalam game ini tak hanya tentang robot, tentang alam yang primitif tapi juga berbagai quest jurney yang tentu sangat menarik untuk dimainkan.

Guerilla Games Buka-bukaan Soal Horizon Zero Dawn Foto: detikINET/Aditya Fajar Indrawan


D: Apa yang menjadi tantangan Guerrilla games dalam membuat game ini?

R: Sebelumnya kita membuat Killzone game FPS yang linear dan HZD adalah game open world yang memiliki banyak kemungkinan tersembunyi dan itu berbeda dari killzone. Konsepnya sendiri menurut kami salah satu yang unik dari puluhan ide yang kita diskusikan, bagaimana perpaduan alam di zaman purba dengan segala teknologi primitifnya bertemu dengan mahluk-mahluk robotik.


D: Pertanyaan terakhir, ada pesan untuk para pemain di Indonesia?

R: Ya! Untuk semua pemain di Indonesia, Kami harap anda akan menikmati Horizon: Zero Dawn dengan segala misteri dan rahasia di dalamnya untuk diungkap. Enjoy dan terimakasih. (adf/rns)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed