Senin, 19 Jun 2017 02:01 WIB

7 Game Retro di Android untuk Teman Mudik

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Soulcalibur Soulcalibur
Jakarta - Game lawas selalu mendapat tempat di hati gamer, walau kini sudah banyak bermunculan game-game baru dengan grafis memukau. Seolah ingin kembali eksis di era modern, game-game itu pun lahir kembali untuk penikmat game.

Ada yang dibuat remastered, ada yang masih sama menggunakan grafis jadulnya. Hanya saja, kini game-game itu melintasi platform mobile, salah satunya Android.

Nah, game-game lawas yang bisa dimainkan di perangkat Android ini, kiranya cocok untuk menemani waktu senggang saat perjalanan mudik kalian. Berikut pilihannya:


1. Sonic the Hedgehog 2

Foto: istimewa

Kalau yang satu ini tidak perlu diragukan lagi ketenarannya. Sonic seolah sudah menjadi karakter ikonik dari Sega. Hingga saat ini pun Sega masih mengandalkan Sonic sebagai ujung tombak dalam berbisnis.

Meski sudah tak lagi berkutat di bisnis hardware, Sega pun kini menjalani bisnis software di perangkat mobile. Sonic the Hedgehog 2 sendiri menjadi satu dari sekian banyak judul spin-ff Sonic yang hadir di perangkat Android.

Menawarkan grafis yang sama dengan yang Anda mainkan di platform Sega, memainkan Sonic seolah membuat larut ke masa-masa kejayaan Sega dulu. Sayang, untuk bisa memainkannya, Anda paling tidak harus merogoh kocek Rp 35.850.


2. Soulcalibur

Foto: istimewa

Dirilis tahun 1998 silam, Soulcalibur menjadi satu di antara game fighting yang populer pada masanya. Walau begitu, Bandai Namco mencoba untuk membangkitkan kembali melalui perangkat mobile.

Sama halnya dengan game fighting di smartphone pada umumnya, kendali game menggunakan tombol virtual. Bergerak ke depan dan belakang menggunakan tombol di sebelah kiri, sementara lima tombol di sebelah kanan untuk menghajar musuh.

Grafis Soulcalibur di Android ini juga tak terlalu berbeda dengan versi arcade jaman dulu. Walau sudah 18 tahun berlalu, Soulcalibur tetap terlihat keren. Game ini bisa Anda unduh dengan membelinya seharga Rp 162.754.


3. Snake '97: retro phone classic

Foto: istimewa

Siapa tak kenal game Snake? Game yang muncul di era kejayaan ponsel Nokia ini menjadi game andalan kala mengusir bosan. Hal ini karena pada masa itu belum hadir media sosial atau pesan instan, sehingga tak ada pilihan lain selain memainkan Snake.

Kini, di era modern developer dsd 164 mencoba untuk membawa hype game Snake ke perangkat Android. Harus diakui, game ini membuat ketagihan.

Yang menarik dalam game ini adalah tampilan user interface yang menggunakan ponsel Nokia jadul. Agar nostalgia terasa maksimal, tombol kendali dibuat serasa memainkannya lewat beberapa tipe ponsel Nokia yang terkenal, 3310 misalnya. Berbeda dengan dua game di atas, game Snake versi Android ini diganjar harga cuma-cuma.


4. Atari's Greatest Hits ReMaster

Foto: istimewa

Anda yang hidup puluhan tahun pasti mengenal platform lawas yang satu ini. Platform konsol yang lebih dulu hadir dari Nintendo ini kini dihidupkan kembali lewat perangkat Android.

Bertajuk Atari's Greatest Hits ReMaster, di sini Anda bisa temukan kumpulan game-game Atari yang nge-hits pada jamannya. Total ada 100 game Atari yang disajikan dalam game ini, seperti Centipede, Asteroids, Super Breakout, Pong, Lunar Lander, dan Battlezone.

Semua kendalinya dibuat mudah dan disesuaikan dengan ponsel sebagai platform-nya. Game ini bisa Anda temukan di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis.


5. Serial Final Fantasy

Foto: istimewa

Tak dipungkiri, serial Final Fantasy sudah malang melintang sejak puluhan tahun yang lalu. Game ini bisa dibilang telah menjadi legendanya game JRPG (Japanese role-playing game).

Karenanya, Square Enix selaku pemegang lisensi ingin menghadirkannya kembali di tengah-tengah pengguna Android. Beberapa judul Final Fantasy lawas bisa Anda temukan, semisal Final Fantasy, Final Fantasy II, Final Fantasy III, hingga Final Fantasy VII yang terkenal.

Tak hanya serial Final Fantasy angka, ada pula spin-off Final Fantasy lainnya. Sayang, seperti game-game mobile Square Enix pada umumnya, untuk bisa mendownload Final Fantasy tentu membutuhkan kocek yang tinggi.


6. R-Type

Foto: istimewa

Bicara game klasik, maka tak lengkap bila tidak membahas salah satu genre game yang terkenal di masanya, yakni classic space shooter. Dan bila membicarakan genre ini, jelas R-Type menjadi game andalan.

Beruntung versi Android ini mampu mengemasnya dengan ciamik. Anda bisa meliuk-liuk menghindari serangan musuh dengan menggunakan tombol virtual yang dihadirkan di sebelah kanan secara horizontal.

R-Type sendiri dikenal sebagai game yang menantang. Namun, untuk versi Android ini ada dua tingkat kesulitan yang ditawarkan. Jadi, bagi Anda yang ingin memainkannya sebagai hiburan, mungkin bisa memilih tingkat kesulitan yang biasa saja. Game ini dibanderol dengan harga Rp 29.000


7. Double Dragon Trilogy

Foto: istimewa

Anda penggemar Jean Claude Van Damme? Kalau begitu Anda pasti sudah tidak asing dengan game Double Dragon bukan? Game yang nge-hits di era tahun 80 ini turut dibangkitkan di platform Android.

Bertajuk Double Dragon Trilogy, game ini menggabungkan tiga seri Double Dragon. Nuansa gebak-gebuk yang ditawarkan pun masih terasa dalam versi Android ini.

Selain dimainkan secara single player, Anda juga bisa memainkan Double Dragon Android ini secara co-op dengan menggunakan konektivitas Bluetooth. Double Dragon Trilogy dipatok harga Rp 43.000. (mag/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed