BERITA TERBARU
Jumat, 06 Jan 2017 14:14 WIB

Hands-on

Mega Man 6, Sensasi Game Klasik di Ponsel Modern

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Sesuai janji, seri game Mega Man akhirnya resmi menyambangi Google Play Store dan Apple App Store. Tidak seperti Mega Man Legacy Collection yang ada di PlayStation 4 dan Xbox One, kali ini sang publisher, Capcom, memecah game menjadi enam seri.

Dari pantauan detikINET di Google Play Store, Kamis (5/1/2017), masing-masing game Mega Man dibanderol dengan harga Rp 29 ribu. Jadi, apabila Anda berminat memainkan keenam serinya, maka Anda harus siap mengeluarkan uang Rp 174 ribu.

Harga ini sedikit lebih murah ketimbang Mega Man Legacy Collection di PlayStation 4 yang oleh Sony dihargai Rp 195 ribu.

Penasaran seperti apa, detikINET pun mencoba membeli salah satu seri, yakni Mega Man 6. Tak butuh waktu lama untuk mengunduh, karena satu file hanya berukuran sekitar 65 MB.

Foto: screenshot detikINET

Namun, apa yang kami bayar ternyata sebanding dengan yang didapat. Mega Man versi mobile ini cukup asyik untuk dimainkan. Tampilan teknologi grafis 8-bit membuat kita bernostalgia era Super Nintendo di masa lalu.

Menariknya, walau menampilkan grafis 8-bit original, Capcom sedikit memberikan polesan untuk menyesuaikan dengan resolusi di layar ponsel masa sekarang. Alhasil, game retro ini jadi tampil keren.

Namun sayangnya, ada satu yang yang membuat game ini sedikit mengecewakan, yakni frame rate. Ya, dari pengalaman kami kerap menemukan frame rate dari game cenderung menurun. Hal ini jelas mengganggu, karena game menjadi patah-patah.

Foto: screenshot detikINET

Soal kontrol, seperti yang pernah kami singgung, Capcom memberikan empat buah tombol, satu tombol besar di sisi kiri untuk arah dan tiga di sisi kanan untuk lompat, tembak, dan armor. Penempatan yang tepat, karena hal ini tidak menyulitkan kami untuk bermain.

Salah satu ciri khas Mega Man adalah tembakannya yang bisa di-charge lalu ditembak. Tak perlu menahan tombol tembak karena Anda bisa menyetelnya dengan setting auto charge. Jadi, yang Anda lakukan hanya cukup menunggu sampai tembakan terisi penuh.

Dari impresi awal kami memainkan, ada sedikitnya delapan stage yang tersedia. Tak perlu khawatir nyawa, karena Capcom memberikan nyawa tak terbatas. Nyawa lho, bukan darah. Selamat bernostalgia!

(mag/rou)
Foto: screenshot detikINET
Foto: screenshot detikINET
Foto: screenshot detikINET
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Ucapan Duka Netizen Iringi Kepergian Eko DJ

    Selasa, 28 Mar 2017 09:02 WIB
    Setelah menderita sakit yang cukup lama, pelawak Eko DJ akhirnya tutup usia pada pukul 23:00 WIB tadi malam. Ucapan duka pun berdatangan dari netizen.
  • iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    iOS 10.3 Final Dirilis, Perlukah Update?

    Selasa, 28 Mar 2017 07:00 WIB
    Setelah menyodorkan tujuh versi beta, Apple akhirnya merilis iOS 10.3 versi final ke pengguna iDevice. Perlukah kita menginstall update ini?
  • Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Game Nostalgia Starcraft Lahir Kembali

    Senin, 27 Mar 2017 18:53 WIB
    Blizzard, yang dikenal sebagai pengembang game di balik Dota, dipastikan bakal membangkitkan kembali salah satu game nostalgia andalannya, Starcraft.
  • Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Teknologi Penting di Kamera Mirrorless

    Senin, 27 Mar 2017 17:30 WIB
    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat memilih kamera mirrorless. Bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah sensor yang digunakan. Apa lagi?
  • Andai Jokowi Jadi Rocker

    Andai Jokowi Jadi Rocker

    Senin, 27 Mar 2017 16:32 WIB
    Jokowi mendapat pertanyaan dari anak muda soal kemungkinan dirinya tetap berpolitik jika jadi rocker. Apa jawaban Jokowi?