BERITA TERBARU
Jumat, 06 Jan 2017 14:14 WIB

Hands-on

Mega Man 6, Sensasi Game Klasik di Ponsel Modern

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Sesuai janji, seri game Mega Man akhirnya resmi menyambangi Google Play Store dan Apple App Store. Tidak seperti Mega Man Legacy Collection yang ada di PlayStation 4 dan Xbox One, kali ini sang publisher, Capcom, memecah game menjadi enam seri.

Dari pantauan detikINET di Google Play Store, Kamis (5/1/2017), masing-masing game Mega Man dibanderol dengan harga Rp 29 ribu. Jadi, apabila Anda berminat memainkan keenam serinya, maka Anda harus siap mengeluarkan uang Rp 174 ribu.

Harga ini sedikit lebih murah ketimbang Mega Man Legacy Collection di PlayStation 4 yang oleh Sony dihargai Rp 195 ribu.

Penasaran seperti apa, detikINET pun mencoba membeli salah satu seri, yakni Mega Man 6. Tak butuh waktu lama untuk mengunduh, karena satu file hanya berukuran sekitar 65 MB.

Foto: screenshot detikINET

Namun, apa yang kami bayar ternyata sebanding dengan yang didapat. Mega Man versi mobile ini cukup asyik untuk dimainkan. Tampilan teknologi grafis 8-bit membuat kita bernostalgia era Super Nintendo di masa lalu.

Menariknya, walau menampilkan grafis 8-bit original, Capcom sedikit memberikan polesan untuk menyesuaikan dengan resolusi di layar ponsel masa sekarang. Alhasil, game retro ini jadi tampil keren.

Namun sayangnya, ada satu yang yang membuat game ini sedikit mengecewakan, yakni frame rate. Ya, dari pengalaman kami kerap menemukan frame rate dari game cenderung menurun. Hal ini jelas mengganggu, karena game menjadi patah-patah.

Foto: screenshot detikINET

Soal kontrol, seperti yang pernah kami singgung, Capcom memberikan empat buah tombol, satu tombol besar di sisi kiri untuk arah dan tiga di sisi kanan untuk lompat, tembak, dan armor. Penempatan yang tepat, karena hal ini tidak menyulitkan kami untuk bermain.

Salah satu ciri khas Mega Man adalah tembakannya yang bisa di-charge lalu ditembak. Tak perlu menahan tombol tembak karena Anda bisa menyetelnya dengan setting auto charge. Jadi, yang Anda lakukan hanya cukup menunggu sampai tembakan terisi penuh.

Dari impresi awal kami memainkan, ada sedikitnya delapan stage yang tersedia. Tak perlu khawatir nyawa, karena Capcom memberikan nyawa tak terbatas. Nyawa lho, bukan darah. Selamat bernostalgia!

(mag/rou)
Foto: screenshot detikINET
Foto: screenshot detikINET
Foto: screenshot detikINET

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.