Jumat, 16 Des 2016 10:17 WIB

Begini Serunya Super Mario Run di iPhone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Game Super Mario Run akhirnya sudah dapat didownload di Apps Store. Bagaimana keseruan game besutan Nintendo yang untuk sementara eksklusif di iOS ini?

Super Mario Run muncul di toko aplikasi Apple tepat Jumat dini hari (16/12/2016). detikINET pun langsung mengunduh untuk menjajalnya.

Proses download tidak begitu lama. Sebab ukuran filenya sendiri tidak begitu besar, hanya 173 MB. Setelah proses pengunduhan selesai, detikINET tancap gas memainkannya.

Awal membuka aplikasi game ini, kita akan diminta memasukkan negara asal. Setelahnya diminta untuk menghubungkan Nintendo Account.

Kita bisa men-skip penggunaan akun Nintendo, tapi konsekuensinya tidak dapat menikmati sejumlah fitur. Salah satunya unlock karakter Toad.

Begini Serunya Super Mario Run di iPhoneFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Selanjutnya, kita diminta menuliskan nama profil. Barulah setelahnya kita dapat memulai memainkan game ini.

Permainan dimulai dengan cerita penculikan Princess Peach oleh King Koopa. Tak hanya menculik, King Koopa pun merusak seisi kerajaan.

Tugas kita menyelamatkan Princess Peach dan membangun kembali kerjaan yang telah dilululantakan King Koopa. Caranya dengan membawa Mario Bros berlari.

Tour atau Rally

Di layar utama, terdapat pilihan Tour dan Rally. Opsi Tour untuk petualangan individu, sementara Rally melawan pemain lain dalam mengumpulkan poin.

Begini Serunya Super Mario Run di iPhoneFoto: detikINET/Adi Fida Rahman
Di Tour sendiri terdapat enam tingkatan atau disebut World. Di setiap World terdiri dari empat level.

Awal permainan, Nintendo hanya membuka tiga level saja. Level selanjutnya akan terbuka bila kita dapat menyelesaikan target. Bila ingin terbuka semua sekaligus, kita dapat membayar Rp 149 ribu.

Sementara di Rally kita tinggal memilih pemain lain yang tengah online saat itu. Perlu diingat untuk ikut balapan akan memotong tiket yang kita miliki. Tapi bila menang, akan mendapatkan banyak Toad.

Begini Serunya Super Mario Run di iPhoneFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Selain itu ada sejumlah bonus yang dihadirkan di halaman utama. Baiknya jangan dilewatkan, karena akan memberi poin yang tidak kalah berlimpah.

Permainan

Cara memainkan game Super Mario Run sangatlah gampang, kita tinggal menekan layar saja. Lamanya tekanan akan mempengaruhi tingginya lompatan.

Tantangannya adalah Mario berlari secara otomatis ke depan dan tidak bisa kembali ke belakang. Selain itu kita harus berpacu pada waktu.

Kita diberikan waktu 60-90 menit saja untuk menyelesaikan petualangan tiap levelnya. Namun Nintendo memberikan kotak yang bila diinjak akan mem-pause waktu.

Ketika kita masuk ke dalam jurang, Nintendo menghadirkan gelembung yang membawa Mario ke permukaan kembali. Tapi jumlah gelembung ini terbatas.

Begini Serunya Super Mario Run di iPhoneFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Tantangan lainnya, sejumlah koin khusus sulit dijangkau, karena Mario berlari sedikit kencang. Jadi perlu kejelian dan ketangkasan jari menekan.

Kami baru memainkannya, sehingga detikINET tidak mengetahui seberapa berat melawan King Koopa. Kemungkinan bakal sukar, mengingat ketika naik ke level yang lebih tinggi kesulitan pun bertambah.

Opini detikINET

Bagi kamu yang besar dengan Mario Bros tentu akan bernostalgia dengan kehadiran game ini. Walau demikian, permainan ini tetap menghibur untuk generasi milenial.

Grafis yang ditawarkan memang tidak wah, tapi lebih dari cukup. Terpenting saat memainkannya berjalan smooth. Dan itu yang detikINET rasakan selama bermain di tiga level awal.

Begini Serunya Super Mario Run di iPhoneFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Memang di beberapa bagian terjadi loading yang sedikit lama. Tapi cukup dimaklumi, karena game ini memang dirancang harus terhubung dengan koneksi internet.

Secara keseluruhan, game Super Mario Run rasanya bakal menjadi favorit. Tidak saja karena faktor karakter legendaris Mario Bros sendiri, tapi juga lantaran permainannya sendiri yang seru dan menantang ketangkasan jemari. (afr/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed