Senin, 30 Jan 2017 08:53 WIB

Tips Fotografi

Memanfaatkan Kertas Minyak Jadi Diffuser Built in Flash

Ari Saputra - detikInet
Foto: Ari Saputra/detikcom Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Saat hangout atau makan-makan cantik di kafe dengan cahaya temaram, aktifitas memotret sedikit terganggu. Bukan karena suasananya melainkan cahaya low light yang membuat kamera lebih kritis menangkap cahaya.

Kondisi itu tidak akan menjadi masalah pada kamera dan lensa dengan diafragma besar serta kemampuan ISO yang tinggi. Namun, bagi kamera dengan fitur biasa saja, salah satu cara mengatasinya yakni menggunakan built in flash (lampu flash di kamera).

Sayang lampu flash itu menyalak frontal dari depan dan sangat keras. Akibatnya foto yang dihasilkan lebih flat, kurang berdimensi karena cahaya depan yang berlebihan atau tidak merata.

Untuk meminimalisir kekurangan itu dapat menggunakan kertas minyak yang biasa disajikan sebagai alas makanan. Ambil selembar saja dan manfaatkan sebagai diffuser.

Memanfaatkan Kertas Minyak Jadi Difuser Built in FlashFoto: Ari Saputra/detikcom
Pegang kertas itu di depan built in flash untuk melembutkan cahaya yang muncul. Nantinya, kertas itu akan memperhalus bayangan dan menyaring cahaya sebelum sampai ke wajah subjek.

Perhatikan jarak difuser dengan flash dan jarak flash dengan subjek. Perbedaan jarak menghasilkan foto yang tidak sama. Perhitungkan pula sudut yang tepat sampai mendapatkan bayangan yang lebih merata. Ulangi beberapa kali hingga mendapatkan lighting yang tepat dan lebih berdimensi.

Trik ini juga bisa dilakukan untuk fill in (mengisi area gelap dengan flash kamera). Misalkan saat memotret malam hari dengan background lampu perkotaan yang terang sementara subjek lebih gelap. Atau saat matahari berada tepat di atas kepala sehingga wajah perlu fill in supaya tidak gelap.

Memanfaatkan Kertas Minyak Jadi Difuser Built in FlashFoto: Ari Saputra/detikcom
(Ari/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed