Rabu, 18 Jan 2017 08:27 WIB

Tips Fotografi

Trik Bikin Foto Kuliner Ciamik di Instagram

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. Polytron Foto: dok. Polytron
Jakarta - Sefa Firdaus, fotografer yang juga food stylist, berbagi pengalaman dalam memotret makanan atau aneka kuliner yang biasa ia pamerkan di Instagram.

Sejumlah tips dan trik disampaikan olehnya saat jadi pembicara workshop gadget fotografi yang digelar oleh Komunitas Polytron Indonesia di Foodtopia Tebet, Jakarta.

Sefa sendiri telah lama menjalankan hobinya sebagai food fotografer yang membuatnya berpengalaman pula menjadi seorang instruktur fotografi. Karyanya juga bisa diintip melalui akun Instagram @sefafirdaus.

"Bagi saya fotografi adalah hal yang menyenangkan apalagi sekarang kita bisa melakukannya dengan mudah melalui ponsel kita masing-masing. Polytron Prime 7S memberikan kemudahan tersebut dan kameranya mendukung untuk kita yang hobi foto melalui gadget," tutur Sefa saat membuka acara.

Ia memaparkan, sebenarnya memotret saat makan di restoran sekarang ini sudah menjadi kebiasaan, bahkan tren di media sosial. Tampaknya mudah, tapi penuh tantangan karena memotret di rumah dan di restoran, warung, atau kafe tentulah berbeda.

"Yang pasti, memotret dengan kamera ponsel menjadi pilihan saya bila sedang makan di luar. Praktis dan tidak menarik perhatian sekitar atau bahkan mengganggu pengunjung kafe yang lain," ujarnya dengan santai.

Tips pertama yang diberikan oleh Sefa adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari kamera ponsel kita sendiri. Dijelaskan olehnya, Polytron Prime 7S jadi andalannya karena dilengkapi dengan rear camera 16-megapixel yang didukung fitur ISOCELL dengan Dual-Tone Flash.

"Fasilitas steady foto di Prime 7S bisa kita gunakan untuk mengurangi goyang saat memotret, tetapi tetap tunggu setelah kamera selesai bekerja ya," kata Sefa ketika menjelaskan beberapa teknik memotret makanan dari gadget.

Menurutnya, fitur-fitur yang disediakan di Prime 7S cukup banyak dan mudah diaplikasikan. Kita bisa eksplor semua fitur yang ada sambil dipraktikkan.

Foto: dok. Polytron


Di acara ini semua audiens terlihat belajar memotret makanan dengan menggunakan ambiance light dari lampu-lampu di restoran dan juga mencoba sumber cahaya dari flash Prime 7S dengan lampu LED.

Kegiatan berjalan lancar dan seru ditambah seluruh audiens begitu antusias dalam mempraktikan tips-tips yang diberikan oleh Sefa dengan langsung menggunakan Prime 7S.

"Workhop gadget photography kali ini dengan mbak Sefa sangat informatif. Kita banyak mendapatkan tips dan hasil kamera Prime 7S ternyata begitu natural dengan banyak fitur-fitur yang mendukung" ujar salah satu peserta workshop.

Ketika ditanya oleh peserta workshop, apa fitur yang jadi favorit Seva di kamera Prime 7S , ia menjawab, salah satunya fasilitas exposure compensation untuk mengaplikasikan teknik highkey yang tidak mudah.

Karena menurutnya, biasanya dalam menentukan exposure untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan adalah salah satu kendala.

"Selama ini cukup sulit, tapi di Polytron Prime 7S kita bisa memanfaatkan seberapa banyak exposure yang kita inginkan hanya dengan menggeser skala ke arah positif dan negatif," jawabnya sambil mempraktekan fitur exposure compensation untuk memotret makanan di atas meja workshop.

Sefa yang punya jumlah follower 11,4K ini memang cukup aktif membagikan beberapa tips dan trik seputar memotret makanan menggunakan ponselnya di Instagram dengan tagar #prime7sxsefafirdaus. (rou/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed