Kamis, 14 Sep 2017 11:07 WIB

Kamera Baru Kodak Ketahuan Menjiplak Polaroid

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kodak Printomatic. Foto: Kodak Kodak Printomatic. Foto: Kodak
Jakarta - Kodak resmi merilis kamera instan pertama dalam beberapa tahun terakhir. Kamera resolusi 10 megapixel ini bernama Printomatic, yang dapat mencetak hasil foto berukuran 2x3 secara instan menggunakan kertas non-tinta milik Zink (Zero Ink).

Yang menarik adalah, spesifikasi Printomatic ternyata sama persis dengan Polaroid Snap yang dirilis pada 2015 lalu. Hal tersebut terjadi karena ternyata, Printomatic diproduksi oleh C+A Global, yang juga menggarap pembuatan Polaroid Snap. C+A Global pun memegang lisensi terhadap dua merek tersebut, serta turut bekerja sama dengan Zink.

Kedua kamera ini juga sama-sama didesain oleh Ammunition Group. Dilansir detikINET dari The Verge pada Kamis (14/09/2017), Ammunition Group mengkonfirmasi bahwa Printomatic dan Snap merupakan dua kamera yang sama, hanya dibedakan brand yang mengusungnya.

Pihak Kodak mengatakan bahwa Printomatic merupakan sebuah awal dari seluruh lini produk yang akan diluncurkan mulai 2017 hingga 2018. Kamera ini dibanderol dengan harga USD 70, lengkap dengan 10 lembar kertas Zink, kartu microSD, dan kabel USB. Printomatic tersedia dengan pilihan warna kuning dan abu-abu

Jika ditarik ke belakang, Polaroid dan Kodak sebetulnya merupakan saingan dalam dunia instant camera. Polaroid menjadi pionir dengan memulainya pada 1990an dan diikuti Kodak selang beberapa tahun.

Akibat kalah bersaing, Kodak meninggalkan bisnis instant camera pada 1980an. Maka, cukup mengherankan dua perusahaan tersebut dapat menyatu dibawah naungan C+A Global. (fyk/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed