BERITA TERBARU
Selasa, 24 Jan 2017 09:51 WIB

Laporan dari Wetzlar, Jerman

Kamera Leica M10 Sodorkan Desain Paling Seksi

Enche Tjin - detikInet
Foto: Enche Tjin Foto: Enche Tjin
Wetzlar, Jerman - Meneruskan tradisi sistem kamera rangefinder legendarisnya, Leica resmi mengumumkan Leica M10 di 18 Februari. Kamera ini diumumkan oleh CEO Leica AG Oliver Kaltner, langsung di hadapan ratusan tamu yang terdiri dari fotografer, media dan distributor Leica dari seluruh dunia di markas besarnya di Wetzlar, Jerman.

Kaltner mengklaim setiap komponen dan solusi teknis yang ada di Leica M10 dibuat tanpa kompromi, demi memenuhi kebutuhan fotografer.

Selain itu Leica M10 merupakan kamera digital Leica M yang paling seksi alias paling tipis. Ketebalan kamera ini hanya berada di angka 33.7mm. Kualitas gambar juga mendapat peningkatan berkat pengembangan sensor full frame 24MP yang baru, dengan arsitektur lensa mikro yang mendukung rentang ISO 100-50.000. Ditambah lagi Leica juga membenamkan processor gambar generasi terbaru, yaitu Maestro II.

Kamera Leica M10 Sodorkan Desain Paling SeksiFoto: Enche Tjin
Improvisasi lainnya juga terletak di jendela bidik rangefinder, yang kini lebih besar 30% dan pembesaran 73% dan 50% sehingga lebih nyaman untuk fotografer yang mengenakan kacamata.

Sesuai dengan prinsip Leica yaitu das wesentliche/the essentials, desain Leica M10 dibuat sangat sederhana tapi fungsional. Tidak ada lagi tombol video karena Leica M10 memang absen fungsi perekaman video, dan tidak ada tuas pilihan untuk mode drive (C, S, timer) di dekat shutter. Sementara di bagian belakang kamera hanya memiliki tiga tombol yaitu tombol Live view, Play dan Menu. Desain kamera yang baru ini kabarnya didasarkan pada survei intensif yang dilakukan Leica ke pengguna sistem kamera Leica M.

Hal baru lainnya yang disodorkan Leica M10 adalah ISO dial di bagian atas kamera, yang menempati bagian kiri atas kamera. Dengan adanya ISO ini, fotografer dapat melihat dan mengubah setting exposure utama dengan cepat.

Leica M10 juga adalah seri Leica M pertama yang memiliki fitur Wifi untuk mentransfer foto baik berformat RAW (DNG) maupun JPG ke ponsel. Leica M10 telah tersedia di Leica Store di seluruh dunia, termasuk Leica Store Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta. Ketersediaan kamera ini sangat terbatas dengan banderol Rp 99 juta.

Kamera Leica M10 Sodorkan Desain Paling SeksiFoto: Enche Tjin


*)Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Ia pun terafiliasi dengan www.infofotografi.com. (yud/yud)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Organda Protes Tarif Murah Ojek Online

    Sabtu, 25 Mar 2017 19:19 WIB
    Alasan umum masyarakat memilih menggunakan ojek online adalah tarif yang terbilang cukup murah. Lantas, bagaimana Organda menyikapinya?
  • Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Terima SMS Tak Bisa Lagi Lewat Hangouts

    Sabtu, 25 Mar 2017 16:46 WIB
    Selain dipakai untuk mengirim dan menerima pesan instan melalui akun Google Talk, aplikasi Hangouts tadinya juga bisa dipakai untuk menerima pesan SMS.
  • Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Nokia Siap Serbu 120 Negara

    Sabtu, 25 Mar 2017 14:45 WIB
    Baru bangkit tak menghentikan Nokia menginvasi pasar dunia. Merek asal Finlandia ini disebut bakal hadir di lebih dari seratus negara di dunia.