Selasa, 24 Jan 2017 07:42 WIB

Laporan dari Wetzlar, Jerman

Fotografer AS Masuk Daftar Terbaik Leica

Enche Tjin - detikInet
Foto: Enche Tjin Foto: Enche Tjin
Wetzlar, Jerman - Joel Meyerowitz, fotografer asal Amerika telah diberikan penghargaan Leica hall of fame di markas besar Leica di Wetzlar, Jerman. Pemberian penghargaan ini, bertepatan dengan pengumuman kamera rangefinder Leica terbaru, yaitu Leica M10. Penghargaan ini diberikan untuk menghargai kontribusi fotografer yang luar biasa terhadap fotografi di dalam kehidupannya.

Joel Meyerowitz adalah fotografer ketujuh yang mendapatkan penghargaan ini, menyusul Nick Ut, Thomas Hoepke, Ara Guler, Steve Mccurry, Rene Burri dan Barbara Klemm.

Joel terkenal sebagai salah satu fotografer yang mengunakan dan mempopulerkan fotografi warna tahun 1960-70an, yang mana ketika itu fotografi hitam putih lebih dianggap sebagai karya seni dibanding fotografi warna yang kurang populer di kalangan fotografer dan seniman. Selama karirnya sebagai fotografer, Joel yang merupakan pewarta foto asal New York, satu-satunya yang memotret kondisi kompleks World Trade Center dari dalam setelah runtuh di tahun 2001.

Dalam karirnya, Joel mengunakan sistem kamera Leica M dan kamera format besar (large format camera). Sampai saat ini, Joel telah menerbitkan 16 buku, diantaranya Cape Light, buku penting yang mempopulerkan fotografi berwarna, dan Joel Meyerowitz Retrospective, yang berisi kumpulan foto-foto dari tahun 60an sampai setelah runtuhnya world trade center di New York.

"Joel Meyerowitz adalah protagonis dan penemu street dan color photography, visinya dalam berbagai keadaan, kedinamisannya, rasa ingin tahunya yang besar, gayanya yang khas, nalurinya dalam menangkap keajaiban dalam kehidupan sehari-hari dan momen spesial telah menciptakan foto-foto yang luar biasa dalam sejarah fotografi," kata Karin R. Kauffman, Direktur Leica Galleries International.

Fotografer AS Masuk Daftar Terbaik LeicaFoto: Enche Tjin
Selain menerima penghargaan, Joel menerima hadiah kamera Leica M10 berwarna hitam dengan ukiran tanda tangannya. Beberapa karya foto Joel juga dipamerkan di Leica Gallery di kota Wetzlar, Jerman, dari tanggal 19 Januari sampai 31 Maret 2017.

"Diakui sebagai penerima penghargaan oleh organisasi pembuat instrumen yang telah membuat saya memahami diri sendiri dan dunia. Buat saya, bekerja dengan Leica selama hampir 55 tahun membuat saya belajar sedikit demi sedikit dari diri sendiri dalam setiap periode dalam kehidupanku," ujar Meyerowitz.

"Saya merasa kamera ini telah menjadi maestro, penasihat dan pemandu saya. Kamera ini telah memandu saya dan memberikan kesempatan kepada saya untuk melihat dunia. Maka itu, penghargaan ini sangat berarti bagi saya dibanding penghargaan-penghargaan lain yang saya pernah terima sebelumnya," pungkasnya.

*)Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Ia pun terafiliasi dengan www.infofotografi.com.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed