Minggu, 22 Jan 2017 08:42 WIB

Laporan dari Kyoto

Fujifilm Segera Boyong Mirrorless Jagoannya ke Indonesia

Yudhianto - detikInet
Foto: yud/detikcom Foto: yud/detikcom
Kyoto - Penggila fotografi yang sudah penasaran dengan kamera terbaru Fujifilm boleh tersenyum. Pasalnya produsen asal Jepang ini menjanjikan kehadirannya di Indonesia pada bulan Maret mendatang.

Di gelaran Fujikina II yang diadakan di Kyoto, Jepang, Fujifilm memamerkan tak kurang dari lima kamera terbarunya. Dan salah satunya adalah kamera mirrorless medium format paling bikin penasaran banyak fotografer, yakni GFX 50S.

Kamera mediun format ini memang telah diumumkan Fujifilm sejak bulan September lalu di acara Photokina 2016 di Cologne, Jerman, namun produsen Nippon ini masih menutup rapat-rapat harga yang bakal diusungnya.

Di Fujikina II, banderol GFX 50S resmi dibeberkan. Kamera tersebut ditawarkan oleh Fujifilm di angka USD 6499 atau sekitar Rp 87 juta (USD 1 = Rp 13.300). Fujifilm juga menjanjikan kalau GFX 50S sudah akan mulai dipasarkan pada bulan Februari mendatang.

Meski banyak yang penasaran, GFX 50S bukan satu-satunya kejutan yang disiapkan Fujifilm di event Fujikina II. Di saat bersamaan, produsen ini juga mengumumkan kehadiran X-T20 dan X100F yang merupakan penerus dari generasi sebelumnya.

Kelebihan paling mencolok dari keduanya adalah penggunaan 'jeroan' terbaru sensor X-Trans CMOS III 24 MP dan prosesor image X-Processor Pro. Sama seperti GFX 50S, baik X-T20 maupun X100F juga dijanjikan sudah akan dipasarkan di Februari.
Foto: detikINET/Yudhianto

Fujifilm juga memamerkan X-Pro2 dan X-T2 berkelir baru Graphite Silver di Fujikina II. Meski sudah pernah dipamerkan di ajang CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat awal januari lalu, kehadirannya di Kyoto mengungkap banderol sekaligus kemunculan di pasaran.

Diungkap oleh Toshihisa Iida, GM Sales & Marketing Fujifilm, kedua kamera dijanjikan sudah bisa dipesan di bulan Januari ini.

Pertanyaannya, kapan Fujifilm memboyong kamera terbarunya itu ke Indonesia? Wawan Setiawan selaku Imaging Sales Manager Fujifilm Indonesia pun memberikan jawaban. Menurutnya penggila fotografi di Indonesia sudah bisa memburunya mulai bulan Maret mendatang.

"Di bulan Maret nanti mudah-mudahan semuanya sudah mulai dipasarkan di Indonesia. GFX 50S diharapkan perizinannya selesai di akhir Februari, sehingga mungkin duluan muncul awal Maret. Sementara yang lainnya di akhir Maret," kata Wawan, di Kyoto.

Namun ada sedikit pengecualian untuk X100F, Wawan menambahkan kamera premium compact itu mungkin bisa sedikit molor kehadirannya di Indonesia. Meski begitu, Wawan menjanjikan paling lambat X100F sudah akan hadir di bulan April.

"Ya, paling April baru mulai dipasarkan di Indonesia," tambahnya.

Adapun bila mengacu pada presentasi Iida, X-T20 disebut akan dibanderol di angka USD 899 atau sekitar Rp 11,9 juta dan X100F dihargai sebesar USD 1.299 atau senilai Rp 17 juta. Sedangkan X-Pro2 Graphite Silver ditawarkan seharga USD 2.299 yang setara Rp 30 juta, dan X-T2 Graphite Silver dijual senilai USD 1.799 atau sekitar Rp 23,9 juta. (yud/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed