BERITA TERBARU
Kamis, 19 Jan 2017 11:02 WIB

Laporan dari Kyoto

Menebak Kejutan Fujifilm di Fujikina II

Yudhianto - detikInet
Foto: detikINET - Ari Saputra Foto: detikINET - Ari Saputra
Kyoto - Fujifilm disebut telah menyiapkan sejumlah senjata anyar yang siap memanjakan konsumen di acara tahunannya yang bertajuk Fujikina yang berlangsung di kota Kyoto, Jepang.

Gelaran di tahun 2017 ini merupakan yang kedua kalinya diadakan oleh Fujifilm. Oleh karenanya Fujifilm menamainya sebagai Fujikina II. Tercatat adalah beberapa produk baru yang siap diungkap Fuji di Fujikina II, bila mengacu pada gosip yang beredar.

Mengungkap Harga Medium Format GFX 50S

Dan yang pertama lagi-lagi adalah GFX 50S. Kamera medium format ini memang sudah bikin penasaran ketika pertama kali diumumkan Fujifilm di acara Photokina 2016 silam. Fujifilm membenamkan sejumlah teknologi anyar temuannya di kamera tersebut, termasuk aksesori yang siap memanjakan pengguna.

Tapi sampai sekarang produsen ini belum mau mengungkap harga resminya. Petinggi Fujifilm sempat mengatakan kalau banderol GFX 50S diungkap di awal tahun 2017. Dan ajang Fujikina II disebut-sebut akan jadi jawabannya.
Menebak Kejutan Fujifilm di Fujikina IIFoto: detikINET/Yudhianto

Kalau mengacu pada spekulasi, beberapa sumber cukup yakin kalau GFX 50S akan dibanderol di kisaran 800 ribu yen atau sekitar Rp 90 juta bila dirupiahkan. Sementara tiga lensa pertama yang akan dirilis untuk mengoptimalkan GFX 50S, kabarnya akan dihargai di angka 190 ribu yen hingga 340 ribu yen.

Jawaban Teka-teki Mirrorless XT-20

Tapi GFX 50S bukan satu-satunya kejutan yang disiapkan Fujifilm. Di urutan kedua ada mirrorless XT-20 yang digadang-gadang sebagai penerus XT-10. Untuk desain, Fujifilm disebut masih akan mengandalkan desain klasik a la DSLR di XT-20.

Sementara itu untuk sektor jeroan, kabarnya tak jauh berbeda dengan X-T2. Mirrorless XT-20 disebut akan dibenamkan sensor X-Trans III 24 megapiksel dan prosesor gambar X-Processor Pro. Hal menarik lainnya adalah penggunaan layar sentuh yang bisa memanjakan pengguna.

Penantang Baru di Kelas Premium Compact

kemudian yang selanjutnya ada X100F. Kamera ini menjadi model keempat dari lini kamera premium compact X100. Mengacu pada bocorannya, Fujifilm disebut masih akan mempertahankan form factor rangefinder dipadu lensa 23mm F2 yang telah menjadi ciri khas seri X100.

Tapi Fujifilm juga tak luput membenamkan inovasi, salah satunya adalah pilihan untuk pengaturan ISO lewat command dial utama, sehingga lebih memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

Konon kamera ini sudah akan mulai dipasarkan pada bulan Februari mendatang, bersamaan dengan mirroless XT-20.

Penampilan Gahar X-T2 dan X-Pro 2

Sebagai penutup, katanya X-T2 dan X-Pro 2 juga akan mendapat sentuhan improvisasi. Tapi sifatnya minor, sebab Fujifilm kabarnya sekadar memainkan penggunaan kelir baru yang sukses bikin kedua kamera kelihatan lebih gahar.
Menebak Kejutan Fujifilm di Fujikina IIFoto: detikINET - Anggoro Suryo Jati

Fujifilm menamai varian warna baru di kedua kamera dengan sebutan Graphite Silver. Pengguna akan dimanjakan dengan tampilan yang kalem, namun tampak gahar. Adapun Graphite Silver sendiri lebih seperti warna dark gray.

Tapi kemunculan X-T2 dan X-Pro 2 Graphite Silver di Fujikina II bukannya yang pertama kali. Fujifilm sudah sempat memamerkannya di acara CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat di awal bulan Januari ini. Kemungkinan ajang Fujikina II akan jadi lokasi peresmian kehadirannya ke pasaran. (yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed