Selasa, 03 Jan 2017 16:45 WIB

Seleb Instagram Ini Populer Karena Posting Foto Curian

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Seorang seleb Instagram menghapus akun Instagram-nya setelah ketahuan mencuri foto orang lain untuk diposting ke akunnya sendiri.

Namanya Louktarn Ticha asal Thailand, dengan akun Instagram @ticha_ek yang sebelumnya mempunyai lebih dari 150 ribu pengikut di Instagram. Dalam akunnya itu terlihat gaya hidup Ticha sangat glamor, dan sering mengunjungi obyek-obyek wisata di berbagai belahan dunia.

Dalam akun Instagramnya itu, Ticha pernah memposting foto dirinya dengan pemandangan aurora di Finlandia, sebuah padang garam di Bolivia sampai mesjid agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Namun aksi Ticha -- yang mengaku bekerja sebagai seorang pramugari -- itu akhirnya ketahuan setelah sejumlah orang mulai menyadari kalau foto-foto yang dipostingnya itu merupakan hasil editan.

Ticha mengambil foto pemandangan milik orang lain, kemudian mengeditnya dengan 'menempel' foto dirinya ke dalam foto tersebut. Dalam beberapa foto, terlihat editan yang ia lakukan cukup rapi.

Contohnya, foto di padang garam Salar de Uyuni, Bolivia, sepertinya Ticha memanfaatkan fitur 'mirror' untuk mendapatkan refleksi dirinya di atas padang garam tersebut, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Selasa (3/1/2016).

Seorang fotografer yang fotonya dicuri oleh Ticha pun ikut angkat bicara. Namanya Tiina Törmänen, seorang fotografer asal Finlandia, yang foto auroranya dicuri oleh Ticha. Meski dicuri, ia mengaku tak akan menuntut Ticha.

"Terlalu repot (untuk menuntut Ticha) dan tak seimbang dengan usaha yang harus dilakukan. Dalam kasus ini, percakapan publik soal hak cipta adalah hal baik secara keseluruhan," tulis Törmänen dalam komentarnya di Facebook.

Ada juga sebuah foto di mana ia berpose di dalam kabin pesawat Emirates, namun background foto tersebut merupakan foto resmi yang dipakai oleh Emirates dalam berbagai publikasi.

Kelakuan Ticha ini menjadi makin populer setelah hashtag #ticha_ek sempat trending di Twitter dan Facebook. Sampai-sampai akun resmi kedutaan besar Finlandia di Bangkok ikut-ikutan merespon postingan Ticha.

"Northern light (aurora) di Finlandia sangat indah bahkan membuat banyak orang berharap mereka bisa melihatnya secara langsung...," tulis mereka dalam akun Facebooknya, seraya menyertakan tautan artikel yang membahas kelakuan Ticha tersebut.

Setelah ketahuan, Ticha pun mulai menghapus foto-foto di akunnya yang merupakan hasil editan. Namun akhirnya ia memutuskan untuk menghilangkan jejaknya dengan menghapus akun Instagramnya, termasuk ratusan ribu pengikut yang sudah ia kumpulkan sebelumnya. (asj/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed