Jumat, 22 Jun 2018 17:21 WIB

Google Messages Ada di Web

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Messages, aplikasi pesan instant milik Google, nantinya bisa diakses pengguna lewat web. Fitur baru ini akan diluncurkan ke seluruh pengguna Messages dalam waktu dekat.

Google sebelumnya memindahkan tim dari Allo, aplikasi messaging lainnya milik Google, di awal tahun ini untuk mengembangkan Google Messages. Messages sendiri merupakan respon Google untuk menyaingi iMessage.



Seperti dilansir detikINET dari TechCrunch, Jumat (22/6/2018), Messages versi web akan mendukung akses antar platform sama seperti iMessage. Jadi, pengguna yang sedang jauh dari smartphone-nya dapat mengakses pesan miliknya melalui PC atau Mac.

Messages versi web nantinya akan memiliki sistem yang serupa dengan WhatsApp di desktop, termasuk harus memindai QR Code untuk memulai sync dengan smartphone.

Beberapa fitur standar seperti mengirim stiker, emoji dan gambar akan tersedia di Messages versi web. Selain itu, Google juga mengumumkan fitur yang akan tersedia saat Messages versi web sudah diluncurkan ke semua pengguna.

Fitur-fitur tersebut antara lain built-in GIF search, Smart Replies, yang saat ini merekomendasikan respon teks dan emoji, preview tautan situs di percakapan dan menyalin one-time password (OTP) dalam sekali sentuh.

Untuk dapat menikmati Messages versi web, pengguna smartphone Android harus memperbarui aplikasi Messagesnya ke versi yang terbaru terlebih dahulu. Kemudian masuk ke messages.android.com melalui PC atau Mac.



Selanjutnya, buka aplikasi Messages di smartphone dan cari pilihan Messages for web di menu. Kemudian, gunakan smartphone untuk memindai QR code yang ditampilkan di layar komputer. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed