Jumat, 25 Mei 2018 09:40 WIB

Masuk Ramadan, Shopee Kebanjiran Order Pakaian Muslim

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Suasana acara. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet Suasana acara. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet
Jakarta - Kebutuhan akan fashion Muslim seakan menjadi tren tersendiri di bulan ramadan. Hal ini pun membuat Shopee kebanjiran order.

Dari catatan Shopee, terjadi perubahan perilaku pelanggan saat memasuki minggu pertama bulan Ramadhan. Banyak yang menggunakan layanan e-commerce Shopee untuk berbelanja pakaian Muslim secara online.

"Dari data internal kami, terdapat peningkatan traffic (pelanggan) hingga 5 kali lipat pada jam-jam sahur. Dan saat waktu tersebut terjadi kenaikan transaksi hingga 3 kali yang penggunanya didominasi oleh milenial," kata Manager Brand Marketing Shopee, Rezki Yanuar, di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Kenaikan order tersebut terjadi untuk kategori fashion Muslim, kecantikan, pakaian wanita di situs jual beli online Shopee.

Masuk Ramadan, Shopee Kebanjiran Order Pakaian MuslimSuasana acara Shopee. Foto: Raden Fadli Sumawilaga/detikinet


"Rata-rata order untuk ke tiga keyword tersebut (fashion Muslim, kecantikan, dan pakaian wanita) mengalami kenaikan 300 ribu order per hari dibandingkan ramadan tahun lalu. Namun kita targetkan untuk mencapai 1 juta order per harinya," masih kata Rezki yang ditemui di The Hook Restaurant, Jakarta.

Kenaikan order ini pun ternyaya dihasilkan dari promo bertajuk Big Ramadhan Sale, yang mana Shopee akan menunjuk beberapa marketplace untuk memberikan diskon dari produk yang dijual.

Selain itu, kenaikan traffic disebabkan oleh antusiasme terhadap in-app game 'Goyang Hujan Emas' yang sudah di ikuti oleh kurang lebih 2 juta partisipan sejak peluncurannya pada 15 Mei silam.

Pada kesempatan yang sama, hadir selebriti sekaligus desainer kenamaan, Ivan Gunawan, yang mempercayakan marketplace online pertamanya di Shopee untuk produk terbarunya, yakni Hijab Mandjha. Ia pun menyampaikan tips belanja online yang aman agar tidak kena tipu.

"Pertama, cek dulu penjualnya dan apa produk yang dijual. Jangan cuma karena lihat gambarnya bagus dan harganya murah, lalu di beli. Untuk produk-produk selebriti sendiri, biasanya kita announce nama dan produk yang kita jual secara langsung baik melalui media sosial ataupun melalui soft launch," ungkap pria yang kerap disapa Igun ini.

Ia pun mengungkapkan bahwa produknya hanya dijual melalui akun media sosial dan marketplace resmi miliknya dan belum memiliki reseller. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed