Selasa, 17 Apr 2018 13:32 WIB

Tergiur iPhone X Murah di OLX, Karyawati ini Tertipu Belasan Juta

Josina - detikInet
iPhone X (Adi Fida Rahman/detikINET) iPhone X (Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Nasib sial dialami seorang karyawati asal Jakarta, ia kehilangan uang belasan juta rupiah lantaran tergiur iPhone X murah di OLX. Bagaimana kisahnya?

Berawal dari keisengan untuk mencari iPhone di internet, Adita demikian namanya yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta mendapatkan harga yang murah sehingga membuatnya tergiur untuk membeli.

"Awalnya iseng cari di internet dan juga iseng chat penjualnya tapi malah jadi ikut tergiur dan mau beli," cerita Adita kepada detikINET, Selasa (17/4/2018).

Faktor kesibukan dari pulang malam kerja hingga sibuk menyiapkan pernikahan membuat Adita lebih memilih online shop ketimbang beli langsung di toko-toko fisik.

"Pulang kerja selalu malam, weekend dipakai untuk ngurus pernikahan jadi lebih simple lewat online," tambahnya.

Ia pun menemukan iklan iPhone X di OLX yang awalnya dibanderol Rp 11.350.000 namun setelah melakukan nego ia pun dapat harga Rp 11.000.000.

Nama penjual akun tersebut adalah annisa257, pemiliknya bernama Putra Budi Mulya dengan nomor ponsel 085823895941 yang beralamatkan di Sukamulya, Ciamis, Jawa Barat.

Penipuan iPhone di OLXPenipuan iPhone di OLX atas nama akun annisa257. (Foto: Screenshot)


Seperti diketahui, harga pasaran iPhone X di Indonesia mencapai Rp 15 juta. Namun Adita mendapatkannya hanya Rp 11 juta, apalagi baru pemakaian beberapa bulan saja. Hal ini yang mendasari keinginan Adita untuk membelinya.

Transaksi pun mulai dilakukan. Awalnya ia berkeinginan untuk COD (cash on delivery) namun karena posisi penjual alias pelaku berada di Ciamis, Jawa Barat, membuat Adita setuju untuk melakukan transfer uang ke rekening pelaku dengan syarat penjual mengirimkan sejumlah data pribadi seperti KTP dan nomor resi pengiriman barang.

Dijelaskan Adita, pelaku begitu meyakinkan dirinya saat berjualan. Ia pun diperbolehkan untuk transfer pembayaran setelah nomor resi sudah diberikan penjual. Tak hanya itu pelaku juga sudah memberikan KTP bahkan membuat rekaman video dari packing ponsel hingga pengiriman ke JNE.

Namun, saat pengecekan pertama, nomor resi tidak dapat dilacak alias 'Not Found'. Tapi penjual meyakinkan bahwa sistem JNE sedang error. Bahkan untuk lebih meyakinkan Adita, sang pelaku membuat video sedang di kantor JNE.

"Yang bikin aku yakin, penjual sampai videoin dari packing hingga ke pengiriman. Dan aku juga percaya saja karena nomor resi yang diberikan itu benar seperti aslinya," tambah adita

Adita pun percaya jika JNE memang sedang error. Dengan modal kepercayaan, dan juga yakin jika nomor resi itu asli, ia pun akhirnya mentransfer uang yang diminta. Namun usai ditransfer, nomor resi JNE tetap tidak bisa dilacak sampai akhirnya ia menelepon CS dan mendapat jawaban jika nomor resi tersebut salah.

Pelaku pun langsung memblokir nomor ponsel Adita. Panik, ia pun langsung mendatangi bank dan mencoba untuk memblokir rekening bank sang pelaku dan melaporkannya ke pihak berwajib.


Kecewa dengan OLX & Aparat

Adita pun langsung melapor ke polisi di kawasan Mampang. Namun, sayangnya ia mendapatkan perilaku tidak enak. Pihak polisi terkesan tak ingin membantu, malah menyalahkan dirinya kenapa beli di online. Bahkan, polisi yang ditemui Adita sempat melemparkan lelucon.

"Daripada kasih uangnya ke penipu, mending kasih saya saja, mbak," cerita Adita mengulang kata-kata pak polisi tersebut.

Ia mengaku heran, "buat apa ada polisi jika tugas polisi yang harusnya membantu mengayomi malah berbuat demikian."

Pihak bank juga tak bisa membantu banyak, lantaran meski ada surat perintah dari kepolisian, mereka tetap menjaga rahasia nasabahnya walaupun nasabahnya seorang penipu.

Adita juga mencoba mencari nomor kontak OLX, namun sayang OLX tak memiliki nomor yang bisa dihubungi.

"Kenapa OLX tidak ada nomor customer service? Bagaimana konsumen mau mengeluh, kita googling sana-sini tapi gak ada nomor OLX yang bisa dihubungi," terang Adita kesal.

Ia mengatakan OLX, sepertinya tidak memiliki fitur untuk menyaring apakah iklan tersebut penipu atau tidak. Karena akun OLX yang menipu Adita ini sudah mulai berjualan sejak tahun Juli 2017 dengan nama annissa527.

detikINET pun ikut bersama Adita menyusuri akun tersebut dan menemukannya. Iklannya sama persis bahkan nomor ponselnya sama. Artinya penjual tersebut tidak kapok untuk menjebak korban-korban lainnya. Ia tidak mengubah nama akun dan juga nomor ponsel.

Setelah mencoba untuk berpura-pura chatting dengan sang penjual, foto-foto iPhone X yang dikirimkan penjual pun sama persis seperti yang dikirimkan ke Adita.

penipuan iphone di olxPenipuan iPhone di OLX atas nama akun annisa257. (Foto: Screenshot)


Bagaimana respons OLX? Hingga berita ini diturunkan, detikINET masih belum mendapat jawaban dan terus mencoba meminta konfirmasi.
(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed