Rabu, 21 Feb 2018 15:48 WIB

Minat Baca Rendah, Opera Sediakan e-Book Gratis

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Istimewa/ Thinkstock Foto: Istimewa/ Thinkstock
Jakarta - Tingginya pengguna internet di Indonesia tak diimbangi dengan minat baca. Padahal, persoalan membaca dapat diatasi dengan buku elektronik atau ebook.

Studi dari United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyebutkan, minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01% berbanding 10.000.

Persoalan tersebut coba diatasi oleh Opera browser yang berkolaborasi dengan Worldreader, organisasi nonprofit internasional yang ingin memiliki misi membantu meningkatkan minat membaca, dengan menghadirkan ribuan e-book gratis.

Jatu Anggraeni, Content Editorial Lead Opera Software AS di Indonesia mengatakan, kolaborasi Opera dan Worldreader ini sudah berjalan sejak 2015, di mana ketika itu menyediakan akses e-book gratis di Afrika.

"Setelah itu, kita bawa ke Indonesia untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Dengan e-book ini, setidaknya bisa mengangkat literasi Indonesia yang sekarang ke-60 dart total 61 negara jadi lebih baik lagi," ujar Jatu di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Minat Baca Rendah, Opera Sediakan e-Book GratisFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


Opera dan Worldreader menyediakan lebih dari 40 ribu e-book yang bisa diakses di Opera Mini. e-book tersebut dapat diakses melalui perangkat smartphone, sehingga generasi milenial mau membaca buku secara digital lewat perangkatnya.

"Worldreader ingin memastikan bahwa seluruh dunia memiliki akses terhadap buku yang mereka butuhkan dan inginkan. Kita ingin bawa internet dan akses buku ini kebanyak orang lagi," ucap Colin McElwee, Co-Founder of Worldreader.

Namun sejauh ini, 40 ribu e-book ini mayoritas masih berbahasa Inggris. Opera yang menyadari hal itu, berjanji akan membawa penulis dan buku berbahasa Indonesia yang bisa diakses.

"Saat ini belum ada (buku berbahasa Indonesia) tapi nanti kita akan bawa, yang penting saat ini buka akses untuk meningkatkan minat baca dulu," sebut Jatu. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed