Sabtu, 13 Jan 2018 19:29 WIB

Startup Ini Ingin Bikin Sistem Digitalisasi untuk Pelabuhan Indonesia

Usman Hadi - detikInet
Foto: Usman Hadi/detikINET Foto: Usman Hadi/detikINET
Yogyakarta - Salah satu pemenang kompetisi The NextDev 2017, Marlin Booking, saat ini sedang membangun platform. Startup yang berasal dari Batam ini akan menyediakan sistem untuk digitalisasi pelabuhan di seluruh Indonesia.

"Marlin Booking sedang membangun platform," kata CEO Marlin Booking, Ali Sadikin disela-sela grand opening Marlin Branch Office Yogyakarta di Jalan Sidokarto No 11-12, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/1/2018).

"Platform itu ke depannya menghadirkan port management, assets management, harbor management dan warehouse management. Makanya kami butuh dukungan tim IT yang mempuni untuk mewujudkan digitalisasi maritim Indonesia," lanjutnya.

Ali optimis keinginannya mendigitalisasi pelabuhan di Indonesia bakal terwujud. Asal pemerintah welcome dengan kehadiran Marlin Booking, sehingga mereka bisa masuk membangun sistem di pelabuhan.

CEO Marlin Booking, Ali SadikinCEO Marlin Booking, Ali Sadikin Foto: Usman Hadi/detikINET


"Kapalnya delay apa enggak, kapan kapalnya harus masuk bengkel, kapalnya harus parkir di tempat yang mana, itu dimanaj dengan (sistem ya dibangun) di platform kita," ungkapnya.

Ali mengatakan, keinginannya mendigitalisasi pelabuhan di Indonesia ini supaya pelayanan transportasi laut di Indonesia sejajar dengan pelayanan di airport. Dengan begitu, masyarakat nantinya yang akan diuntungkan dari digitalisasi ini.

"Kita sangat optimis, karena kita di sini sebagai startup yang masih 100 persen milik orang Indonesia. Tujuan dan visi kita untuk membantu untuk mendigitalisasi, niat kita sudah baik. Mudah-mudahan dari pemerintah juga welcome," paparnya.

Platform yang dibangun Marlin Booking, lanjut Ali, sekarang ini sudah mulai diintegrasikan dengan sejumlah perusahaan mitra Marlin. Harapannya, platform tersebut sudah terintegrasi pada bulan ini.

"Jadi ke depan beli tiket di Marlin Booking tidak hanya di aplikasi Marlin, tapi juga misalnya lewat Bima Sakti," ungkapnya.

Seperti diketahui, Marlin Booking adalah startup yang menjuarai The NextDev 2017. Marlin menjadi juara di kategori transportasi. Sebab, startup ini dinilai berhasil mengembangkan aplikasi yang mempermudah pemesanan tiket kapal feri via online. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed