BERITA TERBARU
Sabtu, 06 Jan 2018 06:36 WIB

Harta Bill Gates Tertinggal Rp 159 Triliun dari Pria Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Getty Images Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta - Sejak akhir tahun lalu, pendiri Microsoft Bill Gates harus lengser dari posisinya sebagai orang terkaya dunia karena Jeff Bezos, CEO dan pendiri Amazon. Sejak saat itu pula, harta kekayaan Bezos makin jauh meninggalkan Gates.

Perhitungan real time terakhir oleh Forbes menyatakan harta Bezos USD 103 miliar sedangkan Bill Gates USD 91,9 miliar. Berarti saat ini ada selisih sekitar USD 11,1 miliar atau di kisaran Rp 159 triliun antara keduanya.

Pencapaian Bezos memang mencengangkan seiring moncernya harga saham Amazon. Bezos pun menjadi orang kedua yang hartanya menembus USD 100 miliar. Prestasi itu sebelumnya hanya dapat dicapai Gates pada tahun 1999 ketika harga saham Microsoft sedang tinggi-tingginya.

Salah satu faktor yang memudahkan jalan Bezos menjungkalkan Gates adalah soal amal. Agustus lalu, Gates menyisihkan 5% hartanya atau sekitar USD 4,6 miliar, untuk beramal. Jumlah itu menjadi donasi terbesar yang pernah ia keluarkan sejak tahun 2000.

Harta Bill Gates Tertinggal Rp 159 Triliun dari Pria IniJeff Bezos. Foto: istimewa

Sedangkan Bezos tercatat tak pernah muncul di daftar Philantropy 50, daftar yang memuat 50 orang AS dengan donasi terbesar. Daftar itu dirilis tahunan oleh The Chronicle of Philantrophy.

Menurut laporan, Bezos dan keluarganya sejauh ini hanya memberikan sekitar USD 100 juta buat kemanusiaan. Berarti begitu kecil karena kurang dari 1% jumlah kekayaannya.

Dia juga tidak membuat yayasan amal, sesuatu yang lumrah dilakukan para miliarder. Seakan membenarkan kalau belum menyumbang banyak, Bezos belum lama ini bertanya ke follower Twitternya soal ke mana harus menyumbangkan uang.



"Meminta ide," tulis Bezos di Twitter sembari memposting sebuah gambar berisikan sejumlah kalimat cukup panjang yang menjelaskan tulisannya itu.

"Kupikir strategi filantropi itu bertolak belakang dengan bagaimana aku menghabiskan waktuku, yaitu dengan bekerja untuk jangka panjang," lanjut Bezos. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.
  • Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Minggu, 27 Mei 2018 10:21 WIB
    Banyak yang menuding Ramos sengaja mencederai Salah agar tak dapat melanjutkan laga di final Liga Champions. Instagram sang kapten Madrid pun banjir hujatan.
  • Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Minggu, 27 Mei 2018 08:37 WIB
    Andy Rubin sedang kurang beruntung. Sang pencipta sistem operasi Android ini tertimpa beberapa kesialan semenjak ia memutuskan meninggalkan Google.