BERITA TERBARU
Jumat, 05 Jan 2018 09:24 WIB

Studi: Kesenangan Anak Diukur dari Jumlah Like di Medsos

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Dewasa ini anak-anak sangat erat dengan yang namanya media sosial (medsos). Namun hal tersebut patut diwaspadai karena sebuah studi mengatakan anak di usia 10 tahun bisa mengalami ketergantungan dengan medsos.

Studi yang digagas oleh Children's Commissioner Anne Longfield ini mengatakan bahwa ketergantungan dengan media sosial ini turut mempengaruhi rasa percaya diri mereka. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa anak-anak di usia ini mengukur status mereka dari pengakuan publik di media sosial.

Atau dengan kata lain, kepercayaan diri mereka diukur berdasarkan jumlah 'like' yang mereka dapat di medsos. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang sampai mengubah perilaku mereka di dunia nyata demi meningkatkan citranya di web.

Menurut Longfield, seperti dikutip detikINET dari The Daily Mail, Jumat (5/1/2018), Snapchat, WhatsApp, dan Instagram adalah media sosial yang paling populer di kalangan anak-anak. Padahal ketiganya seharusnya baru bisa digunakan oleh pengguna setidaknya usia 13 tahun.

Perusahaan medsos mengekspos anak-anak dengan risiko emosional yang besar. Beberapa anak-anak dimulai dari pendidikan menengah kurang dilengkapi dengan perlindungan dari tekanan medsos.

Anak-anak ini mengaku menyiapkan semacam tinjauan pada foto yang berpotensi mendapatkan like di setiap postingan mereka. Malahan dalam laporan tersebut dikatakan bahwa anak muda merasa persahabatan mereka bisa berisiko apabila mereka tidak menanggapi pesan di media sosial dengan cepat dan sepanjang waktu.

Anak di usia delapan sampai 10 mulai merasa senang, ketika orang lain menyukai postingannya. Namun, bagi mereka yang berada di rentang usia 10 sampai 12, merasa khawatir dengan berapa banyak orang yang menyukai postingannya, menunjukkan kebutuhan akan validasi sosial.

"Ketika Anda mendapat 50 like, itu membuat Anda senang karena Anda tahu orang berpikir Anda terlihat bagus di foto itu," ujar Harry berusia 11 tahun. "JIka aku mendapat 150 like, aku akan merasa itu keren, artinya mereka menyukaimu," ujar Aaron yang berusia 11 tahun.

[Gambas:Video 20detik]

(mag/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.