BERITA TERBARU
Senin, 11 Des 2017 10:34 WIB

YouTube Siapkan Pesaing Spotify dan Apple Music

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini Ilustrasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - YouTube berencana menghadirkan layanan streaming musik berbayar pada Maret 2018. Ini menjadi pertanda, bahwa YouTube belum usai usahanya untuk menghadirkan layanan streaming musik.

Tercatat YouTube telah dua kali mencoba peruntungannya di layanan streaming musik, yakni melalui Google Play Music dan YouTube Music. Sayangnya, dua layanan tersebut tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Kali ini, YouTube kembali menghadirkan layanan serupa dengan konsep anyar, yaitu menggabungkan langganan video YouTube Red dengan penawaran Google Play Music. Dilansir dari The Verge, Senin (11/12/2017) layanan streaming musik itu nantinya dinamakan Remix.

Berdasarkan informasi, YouTube telah menjalin kesepakatan dengan dua dari tiga label musik besar, yakni Sony Music Entertainment dan Universal Music Group. Sedangkan Warner Music Group masih tertahan karena belum menemukan titik temu persetujuaan.

Bukan tanpa alasan YouTube masih kepincut soal layanan musik berbayar. Sejauh ini, video musik menjadi kategori yang paling populer diantara kategori lainnya di platform miliknya.

Di samping itu, Google Play Music dan YouTube Music yang telah hadir sebelumnya masih belum memberikan pundi-pundi sesuai harapan. Padahal, publik mau berlangganan dan membayar layanan musik di Apple Music dan Spotify.

Faktanya, pelanggan Apple Music bisa mencapai lebih dari 30 juta dan Spotify dengan pertumbuhan pelanggan paling signifikan hingga 140 juta pelanggan bulanan, di mana 50 juta diantaranya adalah pelanggan berbayar.

Akankah YouTube Remix akan berhasil mengalahkan Spotify? Mari tunggu inovasi dari anak perusahaan dari Google ini. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.
  • Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Instagram Sergio Ramos Dihujani Hujatan

    Minggu, 27 Mei 2018 10:21 WIB
    Banyak yang menuding Ramos sengaja mencederai Salah agar tak dapat melanjutkan laga di final Liga Champions. Instagram sang kapten Madrid pun banjir hujatan.
  • Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Kesialan Bertubi-tubi Bapak Android

    Minggu, 27 Mei 2018 08:37 WIB
    Andy Rubin sedang kurang beruntung. Sang pencipta sistem operasi Android ini tertimpa beberapa kesialan semenjak ia memutuskan meninggalkan Google.