Senin, 11 Des 2017 10:34 WIB

YouTube Siapkan Pesaing Spotify dan Apple Music

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini Ilustrasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - YouTube berencana menghadirkan layanan streaming musik berbayar pada Maret 2018. Ini menjadi pertanda, bahwa YouTube belum usai usahanya untuk menghadirkan layanan streaming musik.

Tercatat YouTube telah dua kali mencoba peruntungannya di layanan streaming musik, yakni melalui Google Play Music dan YouTube Music. Sayangnya, dua layanan tersebut tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Kali ini, YouTube kembali menghadirkan layanan serupa dengan konsep anyar, yaitu menggabungkan langganan video YouTube Red dengan penawaran Google Play Music. Dilansir dari The Verge, Senin (11/12/2017) layanan streaming musik itu nantinya dinamakan Remix.

Berdasarkan informasi, YouTube telah menjalin kesepakatan dengan dua dari tiga label musik besar, yakni Sony Music Entertainment dan Universal Music Group. Sedangkan Warner Music Group masih tertahan karena belum menemukan titik temu persetujuaan.

Bukan tanpa alasan YouTube masih kepincut soal layanan musik berbayar. Sejauh ini, video musik menjadi kategori yang paling populer diantara kategori lainnya di platform miliknya.

Di samping itu, Google Play Music dan YouTube Music yang telah hadir sebelumnya masih belum memberikan pundi-pundi sesuai harapan. Padahal, publik mau berlangganan dan membayar layanan musik di Apple Music dan Spotify.

Faktanya, pelanggan Apple Music bisa mencapai lebih dari 30 juta dan Spotify dengan pertumbuhan pelanggan paling signifikan hingga 140 juta pelanggan bulanan, di mana 50 juta diantaranya adalah pelanggan berbayar.

Akankah YouTube Remix akan berhasil mengalahkan Spotify? Mari tunggu inovasi dari anak perusahaan dari Google ini. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed