Jumat, 24 Nov 2017 14:48 WIB

Google Assistant Kini Bisa Identifikasi Musik

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Google Assistant. Foto: istimewa Google Assistant. Foto: istimewa
Jakarta - Dalam perjalanannya, Google Assistant berkembang semakin canggih. Bahkan kini Google turut menyematkan kemampuan untuk mengenali musik pada asisten virtualnya itu.

Harus diakui bahwa kemampuan seperti ini bukanlah hal yang baru dan mengherankan. Kita mungkin sudah pernah mendengar aplikasi pengenal musik, seperti Shazam atau mungkin SoundHound. Malahan, Sony sudah menghadirkan aplikasi semacam ini sejak zaman ponsel Sony Ericsson.

Meski demikian, hal ini tidak menghalangi niat Google untuk mempercanggih asisten virtualnya dengan kemampuan serupa. Toh, hitung-hitung mengurangi penggunaan aplikasi yang sama dalam satu ponsel.

Pengenal musik sendiri dalam Google Asssistant, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (24/11/2017), tadinya hanya tersedia secara eksklusif untuk smartphone Pixel 2. Namun, kini Google menghadirkan fitur tersebut untuk Google Assistant di semua perangkat Android.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu menanyakan kepada Google Assistant musik atau lagu apa yang sedang dimainkan saat ini. Setelah itu, Google Assistant akan memberikan informasi detail.

Seperti yang disebut di awal, hadirnya fitur pengenal musik ini mungkin bukan hal yang wah. Akan tetapi, bisa menjadi opsi bila ponsel Anda belum ada aplikasi Shazam atau SoundHound. (mag/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed