Jumat, 24 Nov 2017 07:29 WIB

Empat Finalis Unjuk Kebolehan di Ajang Big Start Indonesia 2017

Yudhianto - detikInet
(ki-ka) Ineu Mardiani, Eky Anugrah, I Gusti Ayu Fadjar (SVP Marketing Blibli), Ima Mintarsih, Kris Samuel. Foto: Yudhianto/detikINET (ki-ka) Ineu Mardiani, Eky Anugrah, I Gusti Ayu Fadjar (SVP Marketing Blibli), Ima Mintarsih, Kris Samuel. Foto: Yudhianto/detikINET
Jakarta - Ajang The Big Start Indonesia 2017 mencatatkan empat finalis sebagai kandidat juaranya. Keempat creativepreneur ini pun siap unjuk kebolehan di babak final.

Empat finalis yang terpilih adalah Ima Mintarsih asal Sumedang yang terpilih berkat produknya Oyoh De Kerupuk Jengkol, kemudian ada Kris Samuel asal Bandung dengan Uttara, serta Ineu Mardiani lewat Indhe Bags dan Eky Anugrah dengan Ammossi, yang dua-dua berasal dari Jakarta.

Sebelum masuk dalam empat besar, di proses karantina keempat finalis sempat menghadapi 16 finalis lainnya yang telah tersisih. Di proses ini para finalis juga mendapat pembekalan berupa financial planning, e-marketing, customer service, logistik, legal, dan strategi pemasaran produk melalui platform digital.

Di babak final, juri yang ditunjuk beda lagi. Blibli sebagai penyelenggara The Big Start 2017 memilih CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO GDP Venture Martin Hartono, dan CEO Blibli Kusumo Martanto sebagai penentu.

Keempat finalis akan ditantang mempresentasikan transformasi yang telah dilakukan pada produknya, sekaligus visi mereka ke depan di depan para juri final tersebut.

"Di babak final ini, para finalis akan menampilan transformasi dari produk mereka menjadi produk yang lebih baik di sisi kualitas, dan disesuaikan dengan target pasarnya. Kami optimis setelah Big Start Indonesia ini produk mereka siap naik kelas dan bersaing di skala yang lebih besar," kata I Gusti Ayu Fadjar, SVP Marketing Blibli, di Hotel Kempinski, Jakara, Kamis (23/11/2017).

Lebih lanjut, selain menyiapkan hadiah sejumlah uang, Blibli menjanjikan para pemenang untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap produknya, dan akses pasar yang lebih luas melalui platform Blibli.

Ajang The Big Start Indonesia 2017 sendiri telah berhasil menjaring sebanyak 20 ribu peserta untuk mengikuti kompetisinya. Selain itu ajang ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Go-Jek, Google, Facebook, dan lain-lain.

"Kita tidak mau hanya jadi e-commerce, tapi ingin mengajak kreatif muda untuk menunjukkan karyanya. Apalagi segmen UMKM ini besar sekali di Indonesia, sehingga diharapkan bisa makin membantu meningkatkan ekonomi Indonesia," imbuhnya.

Dalam penjurian final yang dilakukan Kamis malam (24/11/2017), Kris Samuel dengan produknya yang bernama Uttara berhasil menyabet juara pertama dan berhak memboyong hadiah utama senilai Rp 500 juta.

(yud/yud)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed