Kamis, 23 Nov 2017 13:47 WIB

Pembangunan Internet Cepat Terkendala Kebijakan di Daerah

Adi Fida Rahman - detikInet
Palapa Ring. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor Ii Palapa Ring. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor Ii
Jakarta - Pemerintah tengah menyelimuti wilayah Indonesia dengan internet cepat atau broadband. Hanya saja banyak tantangan yang dihadapi.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo Ismail mengatakan pemerintah tengah berusaha mempercepat ketersediaan infrastruktur broadband agar dapat menghubungkan semua wilayah di Tanah Air. Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah pembangunan Palapa Ring.

"Nanti 2019, semua ibu kota kabupaten dan kotamadya di seluruh Indonesia akan terhubung lewat Palapa Ring," katanya saat penyampaian keynote di acara workshop FTTH Council di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Hanya saja untuk mewujudkan hal tersebut bukan perkara muda. Sejumlah tantangan harus di hadapi. Salah satunya adalah terkait kebijakan dan regulasi.

Kominfo tidak hanya menghadapi regulasi dari pusat, tapi juga di daerah. Lantaran adanya otonomi daerah, setiap wilayah punya aturan tersendiri terkait pembangunan fiber.

"Kalau pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, Pemda sudah biasa ikut serta. Tapi untuk komunikasi, selama Pemda posisinya menerbitkan izin, seperti IMB. Kita berharap teman-teman di daerah punya mindset yang baru, ikut serta aktif. Mereka mendukung para operator supaya cepat masuk ke daerahnya," jelas Ismail.

Melihat kondisi ini, Kominfo coba melakukan pendekatan dengan Pemda. Mereka gencar melakukan sosialisasi dan pemahaman mengenai target broadband Indonesia.

Selain itu Kominfo tengah membuat sejumlah standar teknologi dan infrastruktur sehingga menjadi pegangan para Pemda agar pembangunan infrastruktur pasif bisa dilakukan.

"Membangun fix broadband ada aktif dan pasif. Yang aktif biar ditanganin oleh operator. Sementara yang pasif, Pemda harus ikut serta di dalamnya," pungkas Ismail. (afr/fyk)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed