Rabu, 04 Okt 2017 11:12 WIB

Google Luncurkan Aplikasi Buat Orang Tua yang Risau

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Anak zaman sekarang tak asing dengan gadget, bahkan cenderung piawai menggunakannya. Di sisi lain, hal ini bisa berdampak negatif karena derasnya arus informasi di internet yang belum tentu bisa mereka saring.

Memudahkan orang tua ekstra waspada mengawasi buah hati mereka, Google memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Family Link. Aplikasi ini memungkinkan orangtua memberikan gadget untuk anak-anaknya, tanpa perlu risau apa yang akan mereka download atau cari di dunia maya.

Orangtua cukup membuat akun Google bagi anak mereka dengan usia 12 tahun kebawah dan mendonwload aplikasi tersebut. Ketika pertama kali diperkenalkan pada Maret 2017, para orang tua hanya dapat membuat permintaan, dan harus menunggu pihak Google untuk merespon. Baru pada akhir September lalu, aplikasi ini sudah tersedia bagi setiap orang.

"Family Link dapat membantu tiap orang untuk memberlakukan peraturan terkait penggunaan gadget dalam keluarga, seperti memeriksa kegiatan anak dengan gadgetnya ataupun mengunci gadget tersebut ketika makan malam," ujar Saurabh Sharma, Product Manager Google untuk keluarga dan anak, seperti dikutip detikINET dari CNET pada Selasa (3/10/2017).

Family Link memungkinkan orangtua untuk menyetujui atau menolak aplikasi yang anak mereka ingin download melalui Play Store, mengawasi jam aktif penggunaan gadget, aplikasi atau konten yang diakses, mengatur batas waktu penggunaan, hingga mengunci gadget tersebut ketika waktu tidur ataupun belajar.

Google sendiri mengincar untuk bekerja sama dengan Amazon melalui tablet ramah anak besutannya yang bernama Fire, tablet ini menyediakan fitur khusus bagi orang tua layaknya Family Link. Fire sendiri sudah meluncurkan dashboard yang berorientasi terhadap orang tua pada April lalu.

Family Link tersedia pada perangkat Android yang mengadopsi versi Nougat keatas, serta perangkat iPhone berbasis iOS 9 keatas. Sejauh ini, aplikasi tersebut baru tersedia di Amerika Serikat. (rns/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed